sign up SIGN UP search


Video

Ibu Menyusui Berisiko Terkena Tumor Payudara, Ini 4 Tanda Gejala Awal

haibunda   |   Haibunda Rabu, 29 Jun 2022 11:40 WIB

Menyusui merupakan aktivitas yang menyehatkan dan juga memberikan kesehatan pada bayi. Meski demikian, risiko gangguan payudara juga bisa mengintai Bunda, seperti halnya tumor payudara. Yuk, kenali ciri-ciri tumor payudara.

Berbagai risiko mengembangkan tumor payudara memang tak dapat dikendalikan. Dalam hal faktor reproduksi, menyusui memang telah terbukti mengurangi risiko pada wanita terhadap kanker payudara.

Dr Susan Hoover, ahli bedah onkologi dari Breat Oncology Program di Moffitt Cancer Center mengatakan, "Satu penelitian yang sangat besar menunjukkan penurunan 4,3 persen dalam risiko relatif perkembangan kanker payudara untuk setiap 12 bulan seorang wanita menyusui," kata Hoover seperti dikutip dari laman Moffitt.

Ulasan besar lainnya juga menunjukkan risiko 14 persen lebih rendah pada wanita yang telah menyusui jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menyusui.
Meski demikian, risiko tersebut tetap mengintai dan perlu diwaspadai selama menyusui. Ketahui yuk gejala paling umum dari tumor payudara, simak video berikut ya Bunda!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!