sign up SIGN UP search


Video

9 Cara Mencegah Mastitis yang Perlu Busui Tahu

  |   Haibunda Senin, 22 Aug 2022 13:15 WIB

Saat mengalami mastitis, biasanya banyak Busui memutuskan untuk menghentikan menyusui dan beralih ke susu botol sementara waktu. Hal ini memang wajar ya, Bunda. Apalagi, kondisi mastitis bukanlah kondisi yang mudah dilalui. Rasa nyeri bercampur kemerahan pada payudara dan bengkak, belum lagi bila disertai tubuh demam.

Melansir Romper, kabar baiknya bahwa bayi merupakan teman terbaik saat Busui mengalami mastitis, lho. Peradangan jaringan payudara mungkin tidak berhubungan dengan infeksi dan siapa saja bisa terkena mastitis. Tetapi, mastitis memang merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada busui terutama saat enam bulan pertama menyusui. Meski demikian, saat mastitis berkembang ke titik yang membutuhkan antibiotik, penting untuk memastikan dokter meresepkan obat yang tepat sehingga melanjutkan menyusui dapat dilakukan dengan aman. Dalam kasus yang lebih parah, ketika mastitis menyebabkan abses tentunya diperlukan prosedur pembedahan untuk mengeringkan area yang terkena.

Nah, berikut ini ada sembilan cara yang perlu Bunda tahu untuk mencegah terjadinya mastitis.


Share yuk, Bun!

Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!