MOM'S LIFE

Karena Kerjaan Rumah dan Urusan Kantor Harus Berjalan Seimbang...

Radian Nyi Sukmasari 06 Sep 2017
Karena Kerjaan Rumah dan Urusan Kantor Harus Berjalan Seimbang/ Foto: dok Pribadi Karena Kerjaan Rumah dan Urusan Kantor Harus Berjalan Seimbang/ Foto: dok Pribadi
Jakarta - Seperti ibu-ibu lainnya, bunda bernama Vira ini harus bangun pagi dan menyiapkan sarapan untuk keluarganya. Setelah itu, kesibukannya terus berlanjut sepanjang hari di tempat kerja. Terkadang waktu 24 jam dalam sehari bahkan terasa kurang.

"Suami saya kadang berangkat kerja lebih pagi dari saya dan pulang lebih malam. Anak kami yang baru 3 tahun nggak ada yang jaga sehingga saya harus membawanya ke daycare dulu sebelum pergi ke kantor," kisah Vira dalam perbincangan dengan HaiBunda.

Kata Vira, jika sang suami tidak sempat mengantarnya, maka dirinya memilih menggunakan ojek online. Baginya ojek cukup membantu menembus kemacetan Jakarta sehingga dirinya tidak kesiangan mengantar anaknya ke daycare maupun pergi ke kantor.

"Inginnya berangkat lebih pagi, tapi daycare baru buka pukul 07.30 WIB. Jadinya memang kena macet ya. Tapi kalau pakai ojek cukup membantu, soalnya kan bisa lewat di jalan-jalan kecil," sambung ibu yang baru punya satu putra ini.

Baca juga: Tips Bagi Working Mom Agar Urusan Rumah dan Kantor Sama-sama Oke

Pun saat pulang kerja, Vira harus menjemput anaknya dulu di daycare sebelum pulang ke rumah. Lagi-lagi karena sang suami nggak bisa menjemput, Vira pun memesan ojek online melalui aplikasi di smartphone-nya. Kata Vira, jika dia menggunakan layanan uang elektronik di aplikasi yang sama, bahkan biayanya bisa lebih murah karena ada diskon.

"Drivernya suka nawarin untuk beli GO-PAY di dia. Kalau bayar ojeknya pakai GO-PAY, memang lebih murah sih jatuhnya, karena ada diskon," jelasnya.

Tantangan lain muncul saat hari hujan. Karena nggak ingin anaknya kedinginan lantaran kehujanan, Vira pun memilih menggunakan taksi online. Hal ini cukup bisa membantu Vira mengurangi stres. Soalnya kata dia, beberapa tahun lalu ketika belum ada aplikasi jasa transportasi online, dirinya kesusahan mendapatkan taksi saat hari hujan.

"Sering banget dulu pas musim hujan saya jemput anak saya di daycare sampai jam 9 malam, soalnya susah banget dapat taksinya. Berjam-jam berdiri di pinggir jalan, taksi yang lewat penuh semua. Alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi seperti ini yang bisa membantu saya mengantar jemput anak dan pergi ke kantor," papar Vira.

Sesampainya di rumah, Vira masih harus membereskan pekerjaan rumah dan mengajak si kecil bermain. Untungnya ketika anaknya sudah semakin besar, bisa disambil. Jadi Vira bisa bebersih rumah, sementara anaknya bermain sendiri.

Baca juga: Quality Time Sama Keluarga dan Kerjaan Rumah Beres? Bisa Banget

Selesai bebersih rumah, kadang Vira sudah kehabisan energi untuk menyiapkan makan malam. Belum lagi kalau masih harus mengerjakan pekerjaan dari kantor yang dibawanya pulang. Tapi nggak mau berlama-lama stres, Vira segera mengorder makanan melalui aplikasi yang sama di smartphone-nya.

"Saya tinggal tanya ke suami mau makan apa. Kalau anak saya biasanya sudah makan sore di daycare, tapi kalau masih lapar ya saya pesan makanan buat dia juga. Tinggal pesan, saya sambil beberes rumah atau mengerjakan pekerjaan kantor yang saya bawa pulang, nggak lama makanan yang kita inginkan datang deh. Bisa hemat energi he he he," tambah Vira.

Kata Vira, sebagai ibu bekerja, manajemen waktu yang baik itu suatu keharusan agar urusan pekerjaan dan keluarga tidak terbengkalai. Beruntung, saat ini sudah ada hal-hal yang memudahkan dirinya menjalani peran sebagai ibu bekerja yang juga harus mengurus pekerjaan rumah sendiri. Hidup di era tanpa batas membantunya lebih mudah menjalani hari-hari yang terkadang berat dan kurang bersahabat.

"Kadang memang ya 24 jam rasanya kurang buat ibu-ibu yang harus melakukan semuanya sendiri. Cuma kalau lebih dari 24 jam pasti capek banget he he he. Tapi menjadi ibu itu harus kuat. Untungnya saat ini ada kemudahan yang mendukung saya jadi ibu yang kuat. Jadi saya terbantu banget dalam urusan mengurus keluarga dan pekerjaan," ucap Vira sambil bersiap-siap naik ke atas sepeda motor abang ojek online bersama anaknya.

*) Artikel ini merupakan kerja sama HaiBunda dengan GO-JEK (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi