MOM'S LIFE

Kekhawatiran Seorang Istri Saat Punya ART yang Usianya Lebih Muda

Radian Nyi Sukmasari 09 Nov 2017
Ilustrasi marah dan cemburu/ Foto: thinkstock Ilustrasi marah dan cemburu/ Foto: thinkstock
Jakarta - Kebetulan mendapat si mbak Asisten Rumah Tangga (ART) yang usianya lebih muda. Kadang kala sebagai istri pun timbul perasaan khawatir bakal terjadi apa-apa pada suami. Misalnya saja, suami jadi tertarik sama si mbak ART yang notabene lebih muda.

"Saya memang orangnya cemburuan sih. Makanya dari dulu saya kalau bisa cari ART yang usianya sama atau lebih tua dari saya. Soalnya kalau yang muda khawatir suami ganjen, he-he-he," kata sahabat HaiBunda, Alya.

Beda sama Alya, bunda dua anak bernama Tita mengaku nggak terlalu khawatir ketika dia punya ART yang lebih muda. Tapi, ketika dia merasa si ART kok lebih menarik, wah sebagai istri Tita juga mengaku agak ketar-ketir sih, Bun. He-he-he. Ya, walaupun sampai saat ini punya ART yang lebih muda nggak menimbulkan masalah di rumah tangga Tita.

Bicara soal khawatir dan cemburu ketika punya mbak ART yang lebih muda, psikolog keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani atau Nina bilang bisa jadi hal itu wajar dan nggak, tergantung konteksnya, Bun. Soalnya, menurut Nina kondisi orang kan berbeda-beda.

"Itu (rasa cemburu dan khawatir) menjadi wajar ketika kita menangkap sinyal-sinyal bahwa ART juga tertarik sama suami kita. Dan ayolah faktanya memang ada kok suami-suami yang berselingkuh dengan ART. Janganlah kita masa bodoh atau menihilkan fakta tersebut," ujar Nina waktu ngobrol sama HaiBunda.

Tapi, bisa juga kekhawatiran dan rasa cemburu kita nggak wajar ketika memang suami kita pada dasarnya orang yang sering memuji dan sebenarnya, kita dan suami udah ada kesepakatan soal bagaimana suami bersikap sama ART. Terus, suami pun mau bekerja sama dan perihal si mbak ART yang lebih muda ini sebenarnya nggak terlalu bermasalah.

Nina menambahkan, pada prinsipnya untuk pasangan suami istri supaya salah satu atau bahkan keduanya nggak terjerumus dalam jurang perselingkuhan, yang bisa dilakukan adalah menjaga keterbukaan dan komunikasi yang terjalin. Kemudian, jangan lupa jaga sparkling of love di antara kita berdua ya, Bun.

Kalau Bunda gimana nih? Pernah punya pengalaman seputar ART yang usianya lebih muda? Yuk bagikan pengalaman Bunda di kolom komentar. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi