MOM'S LIFE

Ini yang Perlu Bunda Lakukan Ketika Mengalami Depresi

Amelia Sewaka 22 Jan 2018
Ini yang Perlu Bunda Lakukan Ketika Mengalami Depresi/ Foto: Ilustrasi ibu depresi (thinkstock) Ini yang Perlu Bunda Lakukan Ketika Mengalami Depresi/ Foto: Ilustrasi ibu depresi (thinkstock)
Jakarta - Menjadi seorang ibu, baik ibu rumah tangga maupun ibu bekerja, punya tantangannya masing-masing. Jika sang ibu bisa mengatasi dengan baik permasalah yang dihadapi, kemungkinan itu berarti sang ibu berhasil melewati tantangannya. Namun jika tidak, bisa-bisa sang ibu mengalami stres dan yang paling parah menuju depresi.

Jika Bunda sudah merasa gejala atau ciri depresi menghampiri seperti, perasaan sedih berlarut-larut seolah-olah tidak ada harapan lagi, kehilangan semangat dan minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan pada sesuatu yang biasanya dianggap menyenangkan, kehilangan atau bertambah berat badan dan lainnya segera cari waktu untuk 'me time' ya, Bun.



"Penyebab depresi itu cukup kompleks, sulit untuk menentukan penyebab tunggal mengapa seseorang mengalami depresi. Biasanya depresi muncul dari kombinasi antara faktor biologis, beberapa pengalaman hidup, dan berbagai faktor personal," papar psikolog klini dewasa, Inez Kristanti.

Karena itu, menurut perempuan lulusan master psikologi Universitas Indonesia ini menuturkan, jika seorang ibu merasa mengalami depresi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu dirinya antara lain:

1. Buat Daftar Tentang Hal-Hal yang Disyukuri.

Coba deh, Bun, pikirin hal yang bisa kita syukuri, misalnya hal yang membuat kita bersyukur untuk hari ini aja baik itu hal kecil maupun hal besar.

"Bisa dari mensyukuri bahwa kita masih masih bisa bernapas hari ini hingga kehadiran anak atau orang terdekat di dalam hidup kita, sesimpel itu sih," tutur Inez yang ngobrol dengan HaiBunda.

2. Menulis

Bunda bisa menulis apa saja baik itu berbentuk diari atau jurnal. Usahakanlah lakukan kegiatan ini di pagi hari, nggak perlu menulis dengan bagus kok, Bun.

"Yang penting kita bisa menuangkan apa yang kita pikirkan dan rasakan di dalam tulisan," ungkap Inez.



3. Lakukan Sesuatu yang Kreatif dan Disukai

Coba pikir-pikir deh apa sih kegiatan yang kita sukai, kita juga bisa sambil browsing lho seperti mencari inspirasi untuk membuat apa dan gimana. Misal, mewarnai, menggambar, memasak atau sekadar membuat kue.

"Aktivitas-aktivitas sederhana seperti ini dapat sangat bermanfaat untuk ibu meningkatkan mood kita ketika sedang sangat stes," papar Inez.

4. Bicara pada Teman atau Keluarga

Ketika kita sedang merasa sedih atau kurang bersemangat, coba deh telepon atau ajak orang-orang terdekat untuk ngobrol santai sama kita. Nggak harus membicarakan tentang semua masalah kita kok.

"Sekadar bercengkrama ringan dengan orang-orang tersayang pun bisa mengalihkan perhatian kita dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan membuat kita merasa down," tutup Inez.

Nah, jadi udah kebayang dong, Bun, apa yang mau kita lakukan jika dilanda gejala depresi menghadang. Yuk, segera sadari penyakit mental ini agar kita tahu apa sih yang mesti kita lakukan ketika mental kita down. Kalau Bunda sukanya melakukan apa supaya nggak stres atau depresi? (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi