MOM'S LIFE

Perhatikan Hal Ini Sebelum Posting Foto Anak di Medsos

Amelia Sewaka 27 Apr 2018
Perhatikan Hal Ini Sebelum Posting Foto Anak di Medsos/ Foto: Thinkstock Perhatikan Hal Ini Sebelum Posting Foto Anak di Medsos/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Zaman sekarang, nggak sedikit lho orang tua yang sering foto atau videoin anaknya lalu diposting di medsos. Bahkan, sampai anak dibuatin sendiri akun medsos.

Seperti kata psikolog dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada hal yang harus diperhatikan sama orang tua millenial sebelum posting foto anak, yaitu kenyamanan.

"Anaknya mau nggak, kalau saya rasa anak-anak sekarang usia 4 tahun sudah bisa kita tanya tuh, boleh nggak bunda taruh fotomu di IG, Nak. Jelasin ke anak, nanti teman-teman bunda atau orang lain bisa lihat lho," ungkap Vera di tengah acara Mothercare 'Senangnya Jadi Ibu', di XXI Lounge, The Djakarta Theater, Thamrin Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain itu, ketika anak dirasa udah nggak mau difoto atau udah minta stop difoto, menurut Vera, jangan kita foto terus.



"Contoh kayak anak saya, dia ulang tahun nih. Saya sih nggak posting apa-apa tapi dulu lucunya dia malah nanya, teman mama ucapin nggak? Oh saya pikir, berarti dia mau saya posting fotonya. Jadi tetap, kenyamanan anak," tutur Vera.

Nggak berhenti sampai situ, Bun, setelah foto anak diposting ada safety rules yang harus tetap dijaga supaya foto si buah hati nggak dimanfaatkan orang lain yang punya maksud jahat.

"Kemarin kan sempat tuh heboh-heboh foto postingan orang tua di medsos terus diambil terus dijadiin buat iklan bayi. Nah, hal-hal kayak gini perlu diantisipasi," kata Vera.

Menurut Vera, orang tua atau si ibu juga harus tahu siapa aja sih followers-nya. Dengan menyelami dunia seperti itu dan mengenali celah mengenai medsos baik dan buruknya, setidaknya kita jadi lebih waspada dan bisa melindungi anak dari bahaya yang mengancam di medsos.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi