MOM'S LIFE

Lama Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas, Bunda Wajib Tahu

Muhayati Faridatun Selasa, 13 Nov 2018 - 16.42 WIB
Lama Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas/ Foto: Istock Lama Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas/ Foto: Istock
Jakarta - Belanja buah dan sayur untuk menu makan keluarga selama sepekan memang menghemat waktu. Tapi Bunda wajib tahu nih, berapa lama buah dan sayuran tetap segar dikonsumsi meski disimpan di kulkas.

Ada buah dan sayuran yang bisa tahan selama lebih dari sepekan. Tapi, tak sedikit juga buah atau sayur yang baru beberapa hari disimpan di dalam kulkas sudah hilang kesegarannya.

Dikutip dari Real Simple, berikut daftar buah dan sayuran yang sering Bunda simpan di dalam kulkas dan tahan berapa lama kesegarannya.
Ilustrasi buah pisang/ Ilustrasi buah pisang/ Foto: Istimewa
Alpukat: 3 hari
Apel: 3 pekan
Pisang: 5 hari
Anggur: 3 hari
Kiwi: 4 hari
Mangga: 4 hari
Jeruk: 2 pekan
Pir: 5 hari
Nanas: 3 hari (sudah dipotong)
Stroberi: 3 hari
Semangka: 1 pekan (utuh), 2 hari (sudah dipotong)
Lemon: 3 pekan
Asparagus: 3 hari
Pok coy: 3 hari
Brokoli: 1 pekan
Kubis/kol: 2 pekan
Sawi hijau: 3 hari
Wortel: 2 pekan
Seledri: 2 pekan
Bayam: 3 hari
Timun: 5 hari
Terong: 5 hari
Lobak: 3 hari - 2 pekan
Jamur: 1 pekan



Bicara buah dan sayur, dua bahan makanan ini memang penting banget selalu ada di menu harian kita, Bun. Mengingat buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan yang bisa bantu melawan radikal bebas. Dalam keseharian, berapa sih jumlah buah dan sayur yang perlu dikonsumsi?

Dikutip dari detikcom, penelitian terbaru yang dipublikasikan The Lancet mengemukakan orang yang makan buah dan sayur tiga sampai empat porsi sehari memiliki 22 persen lebih kecil kemungkinan mengalami kematian dini dibanding mereka yang makan kurang dari satu porsi.

"Kami cukup konsisten dengan panduan diet saat ini," ujar seorang mahasiswa doktoral di McMaster University, Victoria Miller. Definisi para peneliti tentang ukuran porsi adalah 375 gram untuk tiga porsi buah dan sayur. Sedangkan untuk lima porsi didefinisikan sebanyak 400 gram.

Sementara pedoman diet Amerika Serikat tidak menggunakan satuan gram, melainkan takaran cangkir. Mereka merekomendasikan konsumsi satu sampai dua cangkir buah dan dua sampai dua setengah cangkir sayuran setiap hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin. (muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi