MOM'S LIFE

8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani

Asri Ediyati Minggu, 18 Nov 2018 - 14.40 WIB
8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani/ Foto: Instagram 8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani/ Foto: Instagram
Jakarta - Baru-baru ini, Christian Bautista melangsungkan pernikahannya di Bali. Ia mengikat janji bersama Kat Ramnani, wanita pujaan hatinya yang juga berasal dari Filipina.

Berbicara soal pernikahan, banyak yang bilang jika tantangan berat justru datang di tahun pertama. Mereka sedang berusaha menyesuaikan diri, untuk menemukan kunci kebahagiaan di masa depan.

Penulis buku 'How to Be Married', Jo Piazza bilang di awal pernikahannya, dia pun berbicara dengan seorang terapis pernikahan. Sang terapis mengatakan, di tahun pertama para pengantin baru akan mencari tahu bagaimana hidup sebagai pasangan, tanpa terjebak dan mengembangkan kebiasaan buruk masing-masing.

"Kebiasaan yang mungkin menjebak mereka nanti. Tahun pertama pernikahan adalah waktu untuk menetapkan pola dan cara bersama yang baik untuk melanjutkan hubungan pernikahan ke depannya," kata Jo Piazza dikutip dari Times.

Selain itu, Jo Piazza membagikan delapan tips pernikahan untuk pengantin baru di tahun pertama. Berikut tipsnya, Bun.

1. Buat suasana rumah jadi nyaman

Buat ruang di mana kita dan pasangan bisa menghabiskan waktu bersama. Jangan membuat rumah hanya sebagai tempat singgah atau istirahat saja. Ciptakan suasana nyaman yang bisa menambah keintiman masing-masing.

2. Jangan lupa untuk selalu romantis

Jo Piazza menyebut saran satu ini berasal dari Prancis. Jauhkan ponsel dari meja makan, dan jangan lupa berdandan. Hindari godaan untuk menghabiskan 'me time' sesering mungkin. Nasihat ini berlaku dua arah, suami juga harus berusaha untuk memenangkan hati istri.

3. Hadapi masalah dengan tenang

Tidak setiap hari akan terlewati sempurna. Jika pasangan melewati hari yang menyebalkan, tetap hadapi dengan tenang. Pepatah lama mengatakan, pernikahan adalah maraton bukan lari cepat. Beberapa hari akan terasa seperti rintangan. Pernikahan itu adalah sebuah proses memperlajari masing-masing pasangan.

8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani/ Foto: Instagram

4. Beri kesempatan untuk saling bersandar

Saat single, mungkin kita bisa mengurus semua hal sendirian. Nah, setelah menikah kita dapat membagi tanggung jawab dengan pasangan. Beri kesempatan untuk saling 'bersandar'.

5. Berterima kasih pada pasangan

Jangan lupa untuk bersyukur, atas hal-hal baik yang dibawa pasangan ke dalam hubungan. Seperti ucapan terima kasih. Ambil sisi positif yang dilakukan pasangan, daripada menunjukkan hal negatif. Tak harus mengucapkan terimakasih secara langsung, karena lewat pesan singkat pun sangat disarankan lho.

6. Jangan lupa untuk merawat diri

"Sangat mudah kehilangan dirimu dalam pernikahan. Sangat mudah untuk merawat suami dan hubungan, namun lupa merawat diri sendiri. Luangkan waktu untuk me time, dan pernikahan akan menjadi lebih baik," tulis Jo.

8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani8 Tips untuk Pengantin Baru Seperti Christian Bautista-Kat Ramnani/ Foto: Instagram


7. Teruslah bertualang

Sindrom pasca-pernikahan menjadi hal yang wajar terjadi salam sebuah hubungan. Setelah semua kebahagiaan dalam pernikahan, wajar jika terkadang merasakan suasana hati yang tak baik.

Lalu bagaimana cara menjaga keharmonisan perkawinan? Teruslah bertualang dengan pasangan. Antropolog dan pakar hubungan Helen Fisher mengatakan, mengambil risiko atau mencoba sesuatu yang baru dapat memicu pelepasan dopamin di otak, yang menimbulkan kebahagiaan.

"Teruslah belajar, tumbuh dan mencoba hal-hal baru bersama," ujar Jo Piazza.

8. Menikah berarti membentuk teamwork

Keseimbangan peran dalam pernikahan itu penting. Oleh karena itu, suami istri perlu membentuk tim untuk menyelesaikan tugas rumah tangga.

"Pada akhirnya, hal terpenting yang saya pelajari sebagai pengantin baru adalah tentang bertahan hidup di tahun pertama pernikahan. Perkawinan satu pasangan tidak sama seperti pasangan lainnya. Apa yang berhasil untuk orang lain, mungkin tidak berhasil untuk kita. Terimalah nasihat dari orang-orang yang kita cintai dan percayai," tutup Jo Piazza.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi