mom-life

Trik Agar Nggak Terlalu Stres Saat ART Pulang Kampung

Radian Nyi Sukmasari Senin, 26 Jun 2017 08:02 WIB
Trik Agar Nggak Terlalu Stres Saat ART Pulang Kampung
Jakarta - Ketika asisten rumah tangga (ART) atau si mbak mudik memang repot ya Bun. Kita harus ambil alih mengurus pekerjaan rumah. Kadang, kondisi begini pun bisa bikin stres. Eits, tapi bukan berarti nggak ada siasat yang bisa Bunda lakukan supaya nggak terlalu stres waktu ditinggal si mbak ART mudik.

Kalau kata psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani M.Psi., Psikolog, yang biasa disapa Wita, ketika Bunda merasa harus menyelesaikan segala urusan di rumah seorang diri, stres rentan banget lho Bunda alami. Untuk itu, bisa dilakukan berbagai hal untuk menyiasatinya nih Bun.

Tips hindari stres saat ART mudikTips hindari stres saat ART mudik Foto: dok HaiBunda
Kata Wita, berbagi tugas dengan pasangan bisa jadi salah satu alternatif supaya Bunda nggak merasa harus menyelesaikan semuanya sendiri. Pertama coba ajak suami kita berdiskusi apa pekerjaan rumah yang bisa diambil alih olehnya.


Tips hindari stres saat ART mudikTips hindari stres saat ART mudik Foto: dok HaiBunda
Untuk anak usia 5 tahun, udah bisa lho Bun mereka dilibatkan untuk bantu membereskan pekerjaan rumah. Memang ya Bun, kadang anak bisa aja justru tambah bikin ribet. Tapi Bunda perlu ingat, ketika si kecil udah dilibatin dalam mengerjakan urusan rumah, pas besar nanti mereka dengan ringan tangan kok Bun melakukan pekerjaan rumah karena sudah terbiasa.

Tapi, kalau Bunda memang fokus pengen bersihin rumah, ya sudah nggak perlu melibatkan anak. Soalnya kadang keterlibatan anak-anak jadi bikin proses mengerjakan kerjaan rumah jadi lebih lama. Kalau ini jadi masalah, baiknya anak-anak diminta melakukan pekerjaan lainnya.

Tips hindari stres saat ART mudikTips hindari stres saat ART mudik Foto: dok HaiBunda
Bantuan kayak apa sih? Kata Wita, bisa aja Bunda cari info ke keluarga besar atau teman kali aja ada salah satu ART-nya yang lagi nggak pulang kampung. Kalau ada, lumayan kan Bun bisa dijadikan ART infal? Atau Bunda juga bisa cari channel untuk bisa mendapatkan si mbak baru kalau ART kebetulan nggak balik bekerja lagi.

Tips hindari stres saat ART mudikTips hindari stres saat ART mudik Foto: dok HaiBunda
Bunda perlu pilih prioritas utama. Kalau memang masakan harus homemade, berarti Bunda memang mesti masak sendiri nih. Tapi, untuk urusan nyapu ngepel atau nyuci plus setrika, bisa Bunda lakukan dua hari sekali misalnya.

Kalau kata Wita, jangan paksakan semua tugas harus dikerjain sendiri. Yang ada, Bunda justru stres, marah, nangis, dan dampaknya bisa kena ke anak atau pasangan nih.

Tips hindari stres saat ART mudikTips hindari stres saat ART mudik Foto: dok HaiBunda
Sekarang kan sudah banyak layanan online dan instan yang memudahkan pekerjaan ya Bun. Misalnya untuk bersih-bersih rumah atau bahkan untuk memesan makanan. Nah, kalau Bunda udah capek banget beres-beres rumah, boleh banget untuk memanfaatkan layanan ini ya.

Itu dia Bun berbagai cara untuk menyiasati supaya Bunda nggak terlalu stres ketika si mbak ART pulang kampung. Bunda punya cara lain biar nggak terlalu stres waktu nggak ada si mbak? Yuk berbagi cara yang biasa Bunda lakukan di kolom komentar ya. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi