mom-life

Bantuan Sarapan yang Amat Berarti untuk Orang Tua Bayi di NICU

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 12 May 2018 09:16 WIB
Bantuan Sarapan yang Amat Berarti untuk Orang Tua Bayi di NICU
Sydney - Meninggalkan si kecil yang dirawat di NICU sejenak bisa jadi hal yang memberatkan orang tua karena nggak tega pada anak. Berangkat dari hal inilah seorang ibu bernama Michelle Barry bikin sebuah kegiatan yang amat membantu orang tua bayi di NICU.

Jadi, Bun, wanita 44 tahun ini mengirimkan makanan ke sebuah RS di Sydney untuk orang tua yang bayinya dirawat di NICU. Tiap pagi, Michelle dan temannya, Rebecca Ilie, mengirimkan sarapan untuk para orang tua. Disediakan beberapa meja yang disebut Brekkie Bar yang berisi roti gandum dan beberapa olahan roti lainnya. Sebagai pelengkap ada juga lho susu segar dan jus buah juga produk susu kayak keju dan yoghurt.

"Saat anak sakit, meninggalkan anak sejenak untuk makan aja bisa jadi PR tersendiri. Apalagi ketika anak kita butuh perawatan khusus di NICU," kata Michelle kepada Babble.


Organisasi nonprofit yang dijalankan Michelle dan Rebecca dikasih nama NICU Food From the Heart, Bun. So sweet ya! Saat ini Michelle memang baru bekerja sama dengan satu RS. Tapi dia juga sedang berusaha mengajak kerja sama RS lain di Sydney. Kadang, beberapa komunitas atau warga juga ada yang ikut menyumbang makanan dan minuman yang bakal diberi ke para orang tua lho, Bun.

Michelle berharap dengan adanya Brekkie Bar, selain lebih mudah mendapatkan sarapan para orang tua juga bisa saling bertemu dan ngobrol soal kondisi anaknya. Menurut Michelle, dukungan dengan saling ngobrol penting banget didapat orang tua yang bayinya dirawat di NICU.



Di hari-hari tertentu seperti Natal, Paskah, dan Hari Ibu, Michelle juga memberi hadiah kecil-kecilan buat para orang tua kayak jubah dan lipbalm buatannya. Soalnya, kata Michelle hadiah sederhana kayak gitu ampuh menekan stres yang dialami orang tua.

Hmm, terus apa sih alasan Michelle mau melakukan kegiatan kayak gini? Michelle memang nggak punya pengalaman melahirkan bayi prematur. Tapi, sebagai ibu dua anak dia bisa tahu bahwa menyempatkan diri untuk makan ketika anak sakit aja udah sulit, apalagi kalau anak sedang dirawat di NICU.

Bantuan Sarapan yang Amat Berarti untu Orang Tua Bayi di NICUBantuan Sarapan yang Amat Berarti untu Orang Tua Bayi di NICU/ Foto: Michelle Barry via Babble


"Satu alasan saya mau melakukan ini adalah karena saya peduli," ujarnya.

Bicara soal bayi prematur, perawatan intensif di NICU memang mereka perlukan. Nah, hal penting yang nggak boleh dilupakan adalah stimulasi mesti tetap diberikan ke si kecil, Bun. dr Rinawati Rohsiswatmo SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo bilang pada bayi prematur, sentuhan yang bisa jadi bentuk stimulasi buat mereka penting banget diberikan bahkan setelah mereka lahir. Mulai dari belaian bunda sama ayah, kangaroo mothercare, aktivitas menyusu, dan diajak ngobrol.

"Bahkan setelah bayi prematur udah boleh pulang, orang tua jangan puas dulu. Masih ada PR yaitu memberi stimulasi terus-menerus. Ajak anak ngobrol, saat menyusui tatap matanya, ajak ngobrol, stimulasi lewat mainan juga bisa diberikan. Pertumbuhan bayi yang lahir prematur perlu dilakukan sampai usia sekolah bahkan remaja," kata dr Rina.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi