mom-life

5 Fakta Black Box Pesawat yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak

Yuni Ayu Amida Jumat, 02 Nov 2018 12:34 WIB
5 Fakta Black Box Pesawat yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak
Jakarta - Beberapa waktu lalu, kita mendapat kabar duka mengenai jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang pada Senin (29/10) seperti dilansir detikcom. Setelah kejadian tersebut, pencarian black box pun dimulai.
Hingga akhirnya FDR black box ditemukan pada Kamis (1/11).

"Kami terus olah data ROV untuk mendapatkan visual black box dan serpihan yang ada di dasar laut. Alhamdulillah, dengan doa masyarakat, upaya tim SAR gabungan bisa angkat black box. Sudah ada di atas Kapal Baruna Jaya I," ujar Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M Ilyas dikutip dari detikcom.

Nah, kalau anak bertanya tentang black box, Bunda bisa menjawabnya dengan membaca artikel di bawah ini. Berikut 5 fakta black box seperti dilansir Independent.




1. Apa itu black box dan fungsinya

Black box adalah perangkat khusus yang dirancang untuk merekam saat-saat terakhir penerbangan. Benda itu tahan terhadap panas yang ekstrem maupun tekanan dari tabrakan. Di dalam setiap pesawat, ada dua peranti kotak hitam, yang masing-masing memiliki fungsi merekam informasi.

Yang pertama, CVR (Cockpit Voice Recorder), fungsinya merekam dua jam terakhir seluruh percakapan di kokpit. Tidak hanya suara percakapan pilot dan kopilot yang direkam, namun juga beragam petunjuk penting, seperti suara mesin, suara alarm, bahkan suara kursi atau benda bergeser. Yang kedua, FDR (Flight Data Recorder), fungsinya menyimpan kumpulan data terbang, termasuk kecepatan pesawat, ketinggian, kecepatan udara, dan arah penerbangan selama 25 jam terakhir.

2. Bentuknya tidak kotak

Meskipun disebut kotak, sebenarnya black box adalah sebuah silinder baja yang berisi papan memori yang mampu menyimpan data. Ada berbagai lapisan bahan yang melindungi kotak hitam, bagian luar terbuat dari baja atau titanium, kemudian ada lapisan insulasi yang berfungsi melindungi peranti dari suhu tinggi.

3. Sulit dihancurkan

Untuk menguji seberapa kuat kotak hitam, para peneliti kotak hitam telah menjalani serangkaian tes. Seperti mencoba menghancurkan kotak hitam dengan tekanan hingga 5.000 pound per inci persegi, menembakkannya ke bawah dengan meriam udara dengan kekuatan hingga 3.400 Gs, dan memasaknya dalam api selama satu jam di suhu 1.100 derajat celsius. Bahkan diuji dalam air, dengan ditenggelamkan dalam tangki air laut bertekanan selama 24 jam, dan tangki tanpa tekanan selama 30 hari. Ini artinya, kotak hitam hampir tidak mungkin dihancurkan.

5 Fakta Black Box Pesawat yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak5 Fakta Black Box Pesawat yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak (Foto: Pradita Utama)


4. Berwarna oranye

Meskipun disebut black box, tetapi sebenarnya dia berwarna oranye terang. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan penyidik menemukannya. Biasanya black box berada di dekat ekor pesawat sehingga peluang untuk selamat dari benturan cukup tinggi. Selain itu, ketika kotak hitam berada di laut, penyidik dapat menemukannya karena dia memiliki sensor ultrasonik yang aktif ketika mengenai air. Ini dapat mengirimkan sinyal setiap detik selama 30 hari setelah aktivasi, bahkan sampai kedalaman
kisaran 4.267 meter.

5. Tidak lebih canggih dari handphone

Walaupun black box sangat kuat, tetapi dia tidak lebih canggih dari handphone. Handphone dapat merekam video dan langsung mengirimkannya ke komputer di mana pun berada, dapat mengirim pesan, bahkan menjelajahi internet. Namun hal ini tidak bisa dilakukan black box. Black box tidak dibuat untuk dapat berkomunikasi secara real time.



(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi