mom-life

5 Tips Memotong Bawang Tanpa Menangis

Yuni Ayu Amida Kamis, 08 Nov 2018 13:04 WIB
5 Tips Memotong Bawang Tanpa Menangis
Jakarta - Menangis saat memotong bawang adalah fakta umum. Bunda juga pasti pernah merasakannya, kan? Nah, 5 tips ini bisa membantu Bunda agar tidak menangis saat memotong bawang.

Saat memotong bawang, mata kita akan terasa perih yang akhirnya menyebabkan air mata keluar. Menurut Marcin Golczak, ahli biokimia di Case Western Reserve, saat di dalam tanah, bawang melepaskan gas sulfoksida sebagai mekanisme pertahanan, melindungi bawang terhadap mikroba dan hewan. Karena itu, ketika bawang dipotong, sulfoksida akan menciptakan gas yang disebut syn-propanethial-S-oxide atau dikenal juga dengan lachrymatory factor (LF). Gas inilah yang bisa membuat Bunda menangis.




Hal yang sama diungkapkan Josie Silvaroli, seorang sarjana di Case Western Reserve University di Ohio. Menurut Josie, mengupas kulit bawang tidak akan membuat mata berair. Tetapi jika memotong atau mengiris, sel bawang akan terbuka, ini membuat dia bereaksi dan mengeluarkan lachrymatory factor, yang menurutnya mirip dengan gas air mata.

"Itu (bawang) akan berubah menjadi gas. Ini (gas) mengenai mata dan kemudian menyentuh saraf-saraf sensoris di mata dan menyebabkan kita mengeluarkan air mata," kata Josie dilansir The New York Times.

Berikut ini, 5 tips dilansir Greatist untuk membantu Bunda agar tidak menangis saat memotong bawang. Bisa segera dicoba ya.

1. Bekukan bawang

Proses pendinginan akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang diiris. Jadi, kupas bawang terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam freezer. Tunggu beberapa saat, baru mulai mengiris. Walaupun tangan akan terasa dingin, tapi ini lebih baik dari pada menangis kan?

2. Rendam dalam air dingin

Merendam bawang dalam air dingin dapat memperlambat produksi gas. Tetapi ini tidak seefektif metode freezer. Ditambah lagi saat mengirisnya harus lebih hati-hati, karena pisau akan terasa lebih licin saat dalam air. Walau bukan yang terbaik, namun cara ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

3. Gunakan pisau yang sangat tajam

Memotong dengan pisau yang lebih tajam menyebabkan lebih sedikit kerusakan gas pada sel bawang. Sedangkan ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya gas yang membuat mata kita perih.

5 Tips Memotong Bawang Tanpa MenangisIlustrasi pisau dapur/ Foto: Istimewa



4. Gigit roti di mulut

Mungkin ini terdengar aneh, namun ini bisa dicoba, Bun. Tekstur roti yang kenyal, menyerap sebagian dari gas-gas yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata. Jadi sebelum gas tersebut mengenai mata maupun hidung, akan terserap terlebih dulu oleh roti.

5. Pakai kacamata renang

Gunakan kacamata renang yang dapat menghambat gas pada bawang. Kalau kacamata hitam biasa tidak akan terlalu berfungsi, karena gas masih bisa menyelinap masuk ke hidung maupun mata.

Sudah siap mencoba, Bun?

(yun/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi