sign up SIGN UP search


moms-life

5 Bahan untuk Bersihkan Noda Kopi dan Teh di Cangkir

Yuni Ayu Amida Selasa, 13 Nov 2018 17:32 WIB
Cangkir dan gelas di dapur kotor karena noda kopi dan teh yang membandel, Bun? Bersihkan dengan 5 cara ini. caption
Jakarta - Noda kopi dan teh membuat cangkir putih kesayangan Bunda terlihat kotor? Sudah dibersihkan tetapi noda masih saja membandel. Duh, kesal deh.

Jika Bunda ataupun keluarga di rumah adalah peminum kopi maupun teh, kemungkinan besar noda kopi dan teh akan menempel pada cangkir dan gelas di rumah. Hal ini pastinya membuat Bunda tidak nyaman, karena cangkir yang semula berwarna putih bersih menjadi kekuningan dan terlihat kotor. Jangan terburu-buru untuk membuangnya, Bun, karena ada cara mempersihkan noda membandel tersebut kok.


Dilansir Fabhow, berikut ini 5 bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda kopi dan teh pada cangkir maupun gelas, yang bisa Bunda praktikkan di rumah.


1. Baking soda dan air

Ilustrasi baking soda dan airIlustrasi baking soda dan air Foto: iStock

Baking soda dan garam bisa digunakan untuk menghilangkan noda kopi dan teh lho. Caranya, masukkan satu sendok makan soda kue ke dalam cangkir bernoda. Tuangkan sedikit air, buat jadi pasta. Biarkan selama sekitar 5 hingga 10 menit. Kemudian, gunakan lap piring untuk menggosok pasta baking soda ke bagian noda di cangkir. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Cuka dan garam

Cuka dan garam adalah kombinasi yang sangat efektif untuk mengatasi noda teh dan kopi pada cangkir maupun gelas. Caranya, campur 2 sendok makan cuka putih dan 2 sendok makan garam ke dalam mangkuk, aduk rata. Tuangkan campuran cuka dan garam ke dalam cangkir bernoda, biarkan selama 10 menit. Gosok cangkir dengan lap piring. Jika sudah bersih, bilas dengan air biasa.

3. Pasta gigi

Ilustrasi pasta gigiIlustrasi pasta gigi Foto: iStock

Pasta gigi ternyata tidak hanya berfungsi untuk memutihkan gigi lho, Bun, tetapi juga untuk menghilangkan noda kopi dan teh di cangkir favorit Bunda. Pasta gigi mengandung abrasive ringan seperti kalsium karbonat, gel silika dehidrasi, magnesium karbonat, garam fosfat, dan silikat yang bisa menghilangkan noda.

Caranya, oleskan pasta gigi pada cangkir, sikat memakai sikat gigi. Diamkan selama 10 menit. Kemudian gosok cangkir dengan lap piring. Jika sudah bersih bilas dengan air.

4. Pemutih bubuk

Pemutih bubuk dapat menyingkirkan noda pada gelas dan cangkir. Caranya, tuang 1 liter air hangat ke mangkuk besar, tambahkan 1 sendok bubuk pemutih, aduk rata. Rendam penuh cangkir dalam air yang sudah dicampur pemutih tersebut, biarkan semalaman. Jika sudah, bilas dengan bersih.


5. Sabun pencuci piring

Bunda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk menghilangkan noda kopi dan teh yang tidak terlalu menempel. Caranya tuang 2 sendok teh sabuh cuci piring cair ke dalam mangkuk, tambah air, aduk rata. Rendam spons dalam air sabun tersebut, kemudian gosok cangkir dengan spons. Terakhir, bilas dengan air bersih. (yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi