mom-life

Ingin Nikah Muda Seperti Zikri Daulay? Lakukan 4 Persiapan Penting

Safira Raudhatul Selasa, 04 Dec 2018 07:05 WIB
Ingin Nikah Muda Seperti Zikri Daulay? Lakukan 4 Persiapan Penting
Jakarta - Kabar bahagia datang dari aktor Zikri Daulay. Pemeran utama film Dear Nathan The Series itu, resmi menikahi kekasihnya, Henny Yuliana Rahma pada Minggu (02/12) kemarin.

Pernikahan Zikri cukup mengejutkan banyak penggemarnya. Pasalnya, Zikri melepas masa lajang di usia yang sangat muda. Cowok tampan itu mantap menikahi kekasihnya di usia 23 tahun. Meskipun mengaku patah hati, namun tak sedikit yang ikut mendoakan kelanggengan rumah tangga Zikri dan Henny.


Menikah di usia muda memang berisiko menimbulkan banyak konflik. Pasangan yang belum matang secara mental, sangat rentan menghadapi pertengkaran hingga perpisahan. Menurut psikolog Liza Marielly Dzaprie, usia yang baik untuk membina rumah tangga yaitu sekitar 24 tahun ke atas.


"Untuk membina rumah tangga yaitu sekitar 24 tahun ke atas. Usia tersebut adalah masa dewasa muda yang diasumsikan seseorang berumur 24 tahun ke atas telah melewati fase remaja." kata Liza Marielly Dzaprie, dikutip dari detikcom.

Liza menambahkan, secara mental dan kejiwaan seseorang yang berusia 24 tahun telah melewati fase pencarian jati diri. Sehingga, kematangan emosi sudah cukup stabil dan kondisi finansial yang aman. Liza juga mengungkapkan bahwa pada usia remaja proses aktualisasi diri belum selesai. Hal itu dikhawatirkan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari melalui kecakapan karier jika memutuskan buru-buru menikah.

Sebelum menikah muda seperti Zikri Daulay, sebaiknya perhatikan 4 hal penting berikut ini dilansir Finivi.

1. Kesiapan Mental

Menikah merupakan hal yang sakral dan bukan main-main, jika ingin menikah muda pastikan anak Bunda yakin dengan pasangannya. Menikah merupakan komitmen untuk selalu bersama. Di dalam pernikahan Akan ada hari-hari yang tidak akan disukai oleh salah satu pasangan, karena perbedaan pemikiran yang menyebabkan kekecewaan pada pasangan. Tetapi komitmen yang dibuat adalah hal yang dapat memotivasi untuk menyelesaikan masalah dan menjaga hubungan lebih baik.

2. Siap dari segi finansial

Menikah tidak hanya harus siap mental, tapi juga harus kuat dari segi finansial. Dalam kehidupan rumah tangga, ada banyak pengeluaran tak terduga seperti anak yang tiba-tiba sakit, perbaikan rumah dan biaya tentang apa yang dinginkan dan dibutuhkan.

3. Keluarga Besar

Seperti halnya Zikri Daulay dan Henny Yuliana Rahma sebelum menikah mereka pasti berkenalan dengan masing-masing keluarga pasangan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menjaga hubungan baik kedua keluarga.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi