sign up SIGN UP search

moms-life

Resep Jengkol Sambal Matah, Jengkol Selera Pedas Nih

Zika Zakiya Kamis, 20 Dec 2018 11:27 WIB
Resep jengkol yang dipadu dengan sambal tradisional, menjadikan resep baru dengan nama Jengkol Sambal Matah. Mantap, Bunda! caption
Jakarta -

Siapa Bunda yang menyukai jengkol? Wih, buah dengan aroma khas ini memang punya tempat tersendiri di hati Bunda, ya. Dengan sedikit tambahan sambal tradisional, jengkol bisa kita sajikan dalam wujud Resep Jengkol Sambal Matah.

Jangan jijik dulu dengan jengkol, Bunda. Dilansir detikcom, diketahui bahwa jengkol mengandung banyak hal baik, di antaranya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, dalam jengkol juga terkandung vitamin A, B, dan C, serta mineral fosfor, kalsium, dan zat besi.

Dengan kandungan gizi seperti ini, tidak salah jika Bunda melihat cara buat Jengkol Sambal Matah dari program Semua Bisa Masak Trans TV berikut.

Bahan:
5 butir bawang putih
15 butir bawang merah
4 batang sereh
500 gr jengkol muda

Ilustrasi jengkolIlustrasi jengkol Foto: Istimewa


1 terasi bakar
10 lembar daun jeruk
25 cabe rawit
10 sdm minyak
1 buah jeruk nipis
1 sdt gula
1/4 garam



Cara membuat:
1. Potong 500 gram jengkol masing-masing menjadi dua bagian. Lalu iris bawang putih dan bawang merah.

2. Potong juga semua cabe rawit merah dan sereh.

3. Setelah semua bahan terpotong, siapkan mangkuk dan masukkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lalu beri garam dan gula secukupnya. Jangan lupa juga beri teras bakar secukupnya dan sobek-sobek daun jeruk, sereh, perasan daun jeruk nipis, 10 sdm minyak, lalu aduk hingga merata.

4. Panaskan teflon isi dengan minyak secukupnya dan masak jengkol hingga matang. Angkat, tiriskan, lalu sajikan di atas piring.

5. Tuang sambal matah dari poin (3) di atasnya.

6. Selamat menikmati Jengkol Sambal Matah-nya ya, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!