mom-life

Haru, Saat Ayah Tuli Pertama Kali Dengar Suara Putrinya

Asri Ediyati Rabu, 13 Feb 2019 19:02 WIB
Haru, Saat Ayah Tuli Pertama Kali Dengar Suara Putrinya
Jakarta - Pengalaman tak terlupakan dialami oleh ayah asal Baltimore, Amerika Serikat. Pria bernama David Alianiello, memiliki gangguan pendengaran sejak lahir. Hal ini membuatnya tak pernah mendengar suara apapun dalam hidupnya. Termasuk suara putrinya, Skyli, yang kini berusia lima tahun.

Dilansir People, baru-baru ini Alianiello menerima implan koklea. Saat ayah mencoba alat itu, Skyli bernyanyi 'Twinkle-twinkle Little Star'. Perasaan guru yang berusia 34 tahun itu lantas campur aduk. Ia sedikit terpaku dan menerka-nerka lagu apa yang dinyanyikan oleh putrinya.

Karena sudah terlatih sejak kecil, Alianiello bisa berbicara dengan fasih seperti orang normal. Ia menjawab kalau putrinya itu sedang menyanyikan lagu 'Twinkle, Twinkle, Little Star'.

"Putri saya menyanyikan 'Twinkle, Twinkle, Little Star' itu yang bisa saya tangkap! Itu sangat manis. Saya tidak tahu apa yang saya rasakan di kepala sebenarnya suara. Saya tidak terbiasa mendengar frekuensi setinggi itu. Itu adalah sensasi yang aneh," kata Alianiello.

Alianiello menerima implan di University of Maryland Medical Center bersama istri dan putrinya di sisinya.

"Saya senang dia mengalami dunia yang saya pikir kadang-kadang kita anggap remeh, hanya bermain musik di mobil dan bisa bersantai," kata istrinya, Cortney Carnaggio dikutip dari WBAL.

Ayah Tuli Dengar Suara Putrinya Pertama Kali/ Ayah Tuli Dengar Suara Putrinya Pertama Kali/ Foto: Instagram


Alianiello mengatakan, ia mendapatkan implan koklea melalui Cochlear.com. setelah mendengar pengalaman penerima lain, yang mengungkapkan kehidupannya jadi lebih baik dengan bantuan tersebut. Ia berharap untuk meningkatkan cintanya kepada keluarganya dan kontribusi kepada siswa di Villa Cresta Elementary School.

Alianiello bilang, sehari setelah menerima implan, ia tidak bisa menahan diri untuk mendengar semua suara baru yang dia dengar.

"Pagi ini ketika saya bangun saya bisa mendengar sesuatu. Saya tidak tahu apa itu. Lalu saya sadar itu adalah napas saya. Dengan alat bantu dengar, saya bisa mendengar napas saya. Hal-hal semacam itu telah terjadi sepanjang hari," ujar Alianiello.

So sweet ya? Akhirnya sang ayah bisa mendengar langsung suara anak perempuannya. Bicara soal implan koklea, dr.Harim Priyono, SpTHT-KL dari RS Cipto Mangunkusumo - FK Universitas Indonesia mengatakan, implan koklea bisa membantu pasien gangguan pendengaran bawaan lahir. Dengan catatan, gangguan pendengarannya sudah dalam kondisi sangat berat dan tidak lagi bisa dibantu dengan alat bantu dengar konvensional.

Koklea sendiri merupakan organ pendengaran yang berfungsi mengirim pesan ke saraf pendengaran dan otak. Suara ditangkap daun telinga, lalu dikirim ke tulang pendengaran dan menuju koklea. Harim bilang gangguan pendengaran merupakan gangguan sensorineural yang diakibatkan oleh rusaknya saraf pendengaran. Akibatnya, koklea tidak mampu menangkap suara dalam bentuk getaran yang dikirim oleh daun telinga.

"Operasi koklea merupakan tindakan memasang elektroda yang membantu saraf pendengaran di bagian telinga dalam. Elektroda inilah yang menggantikan fungsi koklea sebagai organ pendengaran," kata Harim, dikutip dari detikcom.



[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi