mom-life

Kenangan Arumi Bachsin 3 Tahun Dampingi Sang Suami di Trenggalek

Yuni Ayu Amida Kamis, 14 Feb 2019 09:02 WIB
Kenangan Arumi Bachsin 3 Tahun Dampingi Sang Suami di Trenggalek
Jakarta - Selama tiga tahun terakhir, Arumi Bachsin beserta keluarga tinggal di Trenggalek, Jawa Timur. Bagi Arumi, budaya setempat sudah melekat di keluarganya, terutama anak-anak.

"Trenggalek dengan seluruh budayanya, makanan khasnya itu memberikan pondasi yang mendasar di keluargaku dan saya sendiri," ucap Arumi Bachsin, seperti dilansir detikcom.


Kultur Trenggalek yang halus sudah tertanam di keseharian kedua anak Arumi, Lakeisha Ariestia Dardak (4 tahun) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (3). Hal ini karena memang sejak kecil, mereka tinggal di Trenggalek.

"Istilahnya, pertama kali ke sini anakku yang paling besar itu belum sadar apa-apa, masih satu tahun, anakku yang kedua dari mulai bayi di sini," tutur istri Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak ini.

Sedangkan bagi wanita 24 tahun ini sendiri, tinggal di Trenggalek seperti sedang menikmati liburan. Selama di sana, menurut dia, kalau mau liburan ke pantai maupun gunung tidaklah sulit. Hal semacam itulah yang akan dirindukan Arumi, sebelum pindah ke Surabaya nanti.

"Di Trenggalek, saya enggak berasa banget, selama tiga tahun ini saya sebetulnya menikmati liburan, menikmati kehidupan yang diidamkan orang-orang kota," ucap wanita kelahiran Jakarta ini.

Sementara itu, dilansir detikcom, Emil Dardak dipastikan akan dilantik sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa, pada Rabu (13/2/2019).

Di hari terakhir sebagai bupati, Emil masih menyempatkan diri menjalankan berbagai aktivitas sebagai kepala daerah, serta berpamitan dengan jajarannya. Sementara itu, sejumlah barang-barang pribadi yang ada di rumah dinasnya, di komplek Pendapa Manggala Praja Nugraha, telah dikemasi dan siap dibawa ke kediaman barunya di Surabaya.

Memang betul, Bun. Ketika anak tinggal di satu daerah dalam waktu lama, secara tidak langsung kebudayaan tersebut menempel pada dirinya. Senada dengan yang dikatakan Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie, ketika anak belajar kebudayaan, misalnya budaya sekitar, anak bisa berperilaku sesuai dengan tempat tinggalnya. Dengan mengenal dan belajar budaya, anak bisa belajar memahami masyarakat setempat dan nilai-nilai yang dianut.


Selain itu, mengenalkan budaya pada anak memang penting, Bun. Bahkan, menurut BJ Habibie, mengajarkan atau mengenalkan budaya merupakan salah satu yang perlu dilakukan untuk mendukung kecerdasan si kecil.

"Perilaku, cara orang bicara, makan, jalan dan dandan itu semua ditentukan dari budayanya. Budaya memengaruhi manusia sehingga bisa menjadikan seorang manusia yang berbudaya," ucap BJ Habibie, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi