mom-life

Tips Diet Donna Agnesia, Turun 8 Kilogram dalam Sebulan

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 Mar 2019 10:49 WIB
Tips Diet Donna Agnesia, Turun 8 Kilogram dalam Sebulan
Jakarta - Presenter olahraga Donna Agnesia rupanya punya cara sendiri untuk menurunkan berat badannya. Rahasianya ternyata pada pola makan yang dia jalani.

Ibu tiga anak ini membagikan tips dietnya melalui akun Instagram pribadinya, @dagnesia. Rupanya, istri Darius Sinathrya ini menjalani diet hitung kalori. Ia mengaku hanya mengonsumsi 800 kalori per hari.


"Orang diet itu cocok-cocokkan. Kebetulan menghitung kalori makan buat aku jadi yang cocok. Sehari makan 800 kalori bisa menurunkan berat badan buat aku," ungkap Donna dikutip dari detikcom.


Sebenarnya, Donna sudah mencoba beragam diet. Ternyata, diet menghitung kalori harian yang paling cocok untuk tubuhnya.

Wanita kelahiran Jakarta ini juga membagikan sedikit pengetahuan soal kalori pada makanan. Kata dia, daging ayam memiliki kalori paling rendah di antara jenis daging lainnya.

"Daging itu kalorinya termasuk yang agak tinggi. Sebenernya yang paling bagus itu ayam. Itu kalorinya yang paling rendah. Jadi 75 gram daging itu 100 kalori," tuturnya.

Perempuan 40 tahun ini lalu menjelaskan, faktor yang membuat tubuh ramping porsinya 70 persen berasal dari makanan, sedangkan 30 persen lainnya olahraga.

"Olahraga itu buat maintain aja kalau kita sudah mendapat berat badan ideal," pungkasnya.

Bunda ingin mencoba diet seperti Donna? Nah, menurut ahli gizi Pafitri S.K.M. RD, sebelum memutuskan diet, Bunda tidak boleh dalam kondisi stres ya.

Selain itu, kita juga mesti mengenali status gizi, serta mengatur pola makan yang benar. "Harus lihat proposional tubuh kita, lihat indeks BMI. Caranya, berat badan dibagi tinggi badan dalam meter dikuadratkan," kata Pafitri.

Tak sampai di sana, kita pun harus tahu kebutuhan kalori tubuh. Cara menghitungnya mudah kok, Bun. Pafitri menyebutkan, 25 kalori per kilogram berat badan adalah kebutuhan tubuh kita.

"Kalori jangan dikurangi atau ditambah. Jangan kelebihan. Kalau pun mau dilakukan pengurangan, nanti saat diet harus bertahap 300 - 500 kalori per hari. Jadi dalam satu bulan, berat badan akan turun 2 - 4 kg dan itu normal," terangnya.


Terakhir, menurut Pafitri, hingga kini masih banyak orang yang pola makannya salah. Untuk itu, dia menyarankan porsi makan seseorang harus disesuaikan kebutuhan.

"Tiap orang beda, jadi jangan lirik piring suami karena lebih banyak, karena jelas kebutuhan di tubuhnya berbeda," tutup Pafitri.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi