moms-life

Soal Perawatan Anak, Ririn Dwi Ariyanti Masih Ikut Tradisi

Annisa Karnesyia Sabtu, 23 Mar 2019 18:00 WIB
Soal Perawatan Anak, Ririn Dwi Ariyanti Masih Ikut Tradisi
Jakarta - Ririn Dwi Aryanti berbagi cerita soal perawatan anak bungsunya, Ramy Alfie Utomo yang saat ini berusia 11 bulan. Ririn mengaku masih suka menggunakan tradisi lamanya untuk perawatan si kecil.

"Punya anak bayi itu seperti sebuah kesenangan baru. Jadi kalau soal perawatan dia, apapun aku kasih," ujar Ririn dalam acara Talkshow dan Peluncuran Mitu Baby Liquid Powder di Ecology Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski mengaku menjadi ibu yang terbuka dengan informasi soal kesehatan sang anak, Ririn tak menampik masih sering menggunakan cara lama yang sudah jadi tradisi di keluarganya. Yaitu menggunakan semua produk bayi untuk sang anak, mulai dari bedak tabur, lotion, dan minyak telon.


"Karena aku ingin Ramy segar dan wangi, setelah mandi atau ganti popok, aku selalu pakaikan dia segala macem produk bayi. Itu seperti tradisi sih di keluarga aku," tutur Ririn.

"Kata ibu aku, dulu setelah aku mandi memang selalu dipakaikan banyak produk bayi, seperti minyak telon dan bedak biar wangi. Bahkan sampai usia sekitar 7 tahunan, masih dikasih perawatan itu sama ibu," sambungnya.

Bagi ibu tiga anak ini, anaknya harus selalu diberikan perawatan khusus dengan produk bayi. Karena sudah terbiasa, jika tidak diberi dia merasa ada yang kurang.

"Kayak ada yang kurang aja gitu kalau enggak dikasih semuanya," kata Ririn.


Setiap orang tua pasti ingin memberikan perawatan yang sempurna untuk anak seperti Ririn ya, Bun. Pada kesempatan yang sama, menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A(K) dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari, boleh jika ibu ingin memberikan perawatan yang terbaik pada anak dengan produk berkualitas. Tapi, baiknya jangan berlebihan ya.

"Jangan karena ibu ingin anaknya selalu segar dan wangi, diberikan banyak produk dalam jumlah banyak juga. Misal, memakaikan bedak tabur pada anak sampai wajahnya putih dengan alasan biar wangi," ujar Attila.

Menurut Attila, penggunaan produk bayi berlebihan berisiko membahayakan kesehatan anak. Apalagi jika Bunda tidak tahu kandungan produk dan kondisi kesehatan si kecil.

"Bagi ibu yang ingin menggunakan semua produk bayi secara bersamaan, hendaknya mencermati bahan yang terkandung dalam produk dan mengerti kondisi kesehatan anak. Bila memicu alergi dan mengganggu kesehatannya selama berhari-hari, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera konsultasi ke dokter," tutup Attila.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi