mom-life

Bun, Catat Makanan Pemicu Asam Urat Kambuh Seperti Ahmad Dhani

Muhayati Faridatun Senin, 25 Mar 2019 09:00 WIB
Bun, Catat Makanan Pemicu Asam Urat Kambuh Seperti Ahmad Dhani
Jakarta - Ahmad Dhani harus menjalani perawatan di Rutan Medaeng, Sidoarjo, sampai minta diinfus. Dalam beberapa hari terakhir, suami Mulan Jameela ini sempat mengeluh asam uratnya kambuh.

"Lagi kambuh asam uratnya. Sudah dilakukan check up di Rutan Medaeng, kadarnya tinggi," aku Dhani, dikutip dari detikcom.

Pada Kamis (21/3/2019) lalu, pentolan grup Dewa 19 ini datang ke Pengadilan Negeri Surabaya dengan terpincang-pincang. Ia menjalani sidang lanjutan kasus 'idiot'. Kuasa hukum Dhani, Sahid, lalu mengatakan kalau kaki kanan kliennya terlihat bengkak dan kemerahan.


Melansir dari Mayo Clinic, asam urat tinggi atau hiperurisemia adalah kelebihan kadar asam urat dalam darah. Asam urat diproduksi selama pemecahan purin, yang ditemukan dalam makanan tertentu dan dibentuk juga oleh tubuh kita.

Dalam ulasan berjudul High uric acid level tersebut juga dipaparkan, setelah diproduksi, asam urat dibawa dalam darah dan melewati ginjal, di mana sebagian besar disaring ke dalam urin.

Tercatat bahwa satu dari lima orang memiliki kadar asam urat tinggi. Ini mungkin terkait serangan gout atau perkembangan batu ginjal. Serangan gout akan menimbulkan keluhan nyeri di persendian, yang dipicu penumpukan kristal asam urat atau uric acid.

Ilustrasi asam urat kambuh/ Ilustrasi asam urat kambuh/ Foto: iStock
Seperti dilansir Health Line, asam urat disebut sebagai produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin dalam kadar tinggi ditemukan pada beberapa makanan seperti ikan sarden, daging tertentu, dan kacang kering.

Sementara itu, kadar asam urat tinggi juga bisa disebabkan karena diet, genetika, obesitas, atau stres. Gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal, diabetes mellitus, hipotiroidisme, beberapa jenis kanker atau kemoterapi, juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Nah, supaya Ayah dan Bunda terhindar dari penyakit asam urat, baiknya membatasi makanan dengan kadar purin tinggi, termasuk:

1. Daging organ atau jeroan
2. Daging babi
3. Ikan laut
4. Kerang
5. Daging domba
6. Daging sapi muda
7. Kembang kol
8. Kacang hijau
9. Kacang kering
10. Jamur
11. Bayam

"Makanan dengan kadar purin tinggi bisa memicu serangan asam urat, tapi itu bukan penyebabnya," jelas Theodore Fields, M.D., direktur Rheumatology Faculty Practice Plan di the Hospital for Special Surgery, sepert dilansir Healthy Living.


Bunda, simak juga ya ragam penyebab Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi