mom-life

Bunda Perlu Tahu Bahaya Memakai Lipstik Saat Hamil

Jumat, 29 Mar 2019 18:30 WIB
Bunda Perlu Tahu Bahaya Memakai Lipstik Saat Hamil
Jakarta - Bunda, pernah enggak terpikir lipstik yang kita kenakan sehari-hari membahayakan janin? Sebagian lipstik mengandung paraben yang tentunya harus dihidari ibu hamil ya.

Beberapa ahli mengatakan, pemakaian lipstik saat hamil memang tidak disarankan. Ada kekhawatiran lipstik yang mereka pakai dibuat dari bahan-bahan tertentu seperti retinyl palmate (vitamin A), Hypericum perforatum L, dan propylene glycol (bahan dalam cat dan rokok elektrik).

"Semua bahan yang disebutkan berpotensi menyebabkan masalah pada janin yang sedang berkembang,"kata Dr Idries Abdul Rahman, host dari Twin Doctors TV bersama saudaranya Jamil, seperti dikutip dari Romper.


Bunda Perlu Tahu, Bahaya Memakai Lipstik Saat HamilLipstik untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Dijelaskan Rahman bahwa saat tertelan dalam jumlah tinggi, yakni 10 ribu IU per hari, retinyl palmate dapat menyebabkan anomali janin termasuk pada wajah dan kelainan tulang.

Mengingat bahaya dari kandungan tersebut, Rahman mengingatkan ibu hamil untuk lebih selektif melihat komposisi lipstik atau make up lain yang dibelinya. Bahkan, ia juga menyarankan agar kosmetik yang Bunda miliki untuk sementara waktu tidak digunakan, atau bisa diberikan ke orang lain.

"Kami mendorong semua calon ibu untuk memeriksa daftar bahan dari semua kosmetik dan zat topikal yang digunakan,"ujarnya.

Melansir Go Mama, beberapa survei dan penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang menggunakan lipstik sehari atau dua kali sehari relatif lebih aman, dibanding Bunda yang mengulas lipstik berkali-kali dalam sehari.


Tetapi, Bunda perlu menyadari ketika lipstik sering digunakan maka racun yang ada di dalamnya dapat diserap di jaringan kulit. Sangat wajar jika Bunda makan makanan atau mengonsumsi minuman cair, akan membuat racun tersebut tertelan dan dapat membahayakan kehamilan Bunda pada akhirnya.

Teliti sebelum membeli lipstik dan produk kecantikan lainnya ya, Bun!


Simak juga yuk, Bun, perawatan wajah dengan BB Glow di bawah ini.

[Gambas:Video 20detik]

Share yuk, Bun!

Rekomendasi