mom-life

Resep Cheong Fun Shrimp, Mencicip Lembutnya Gulungan Beras Kukus

Maya Sofia Rabu, 10 Apr 2019 14:32 WIB
Resep Cheong Fun Shrimp, Mencicip Lembutnya Gulungan Beras Kukus
Jakarta - Lembutnya gulungan berbahan dasar tepung beras dan tepung tapioka langsung terasa di mulut saat menyantap hidangan yang satu ini. Hidangan bernama Cheong Fan Shrimp atau Rice noodle roll yang berasal dari China dan Hong Kong tersebut memang memiliki tekstur yang khas.


Begitu digigit, akan didapati isian seperti daging sapi, sayuran, dan udang. Meski berasal dari China dan Hong Kong, Cheong Fun Shrimp juga bisa ditemui di Malaysia, Singapura, dan bahkan di Indonesia, khususnya Riau.

Nah, di resep kali ini kita akan membuat resep Cheong Fun Shrimp atau jenis gulungan beras kukus yang berisi udang rebus. Cheong Fun Shrimp disajikan dengan saus pendamping yang terbuat dari bahan dasar kecap asin serta wijen.


Rasanya? Tentu tak kalah lezat dari yang dihidangkan di restoran-restoran. Yuk, simak cara pembuatannya dipandu Chef Dea Vialdo dalam program Semua Bisa Masak Trans TV.

Cheong Fun Shrimp/Cheong Fun Shrimp/ Foto: 20detik

Bahan:

325 ml air
250 gr udang rebus
100 gr tepung beras
4 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
1 batang daun bawang yang sudah dicacah
50 ml minyak sayur
15 ml minyak wijen
5 siung bawang putih cacah kasar
2 sdm cabai kering kasar
100 ml kecap asin
Lada bubuk secukupnya
Seujung jari jahe, cincang halus


Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk. Masukkan 100 gr tepung beras, 4 sdm tepung tapioka, beri garam secukupnya. Aduk hingga rata menggunakan balloon whisk.

2. Campurkan 325 ml air ke dalam adonan. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.

3. Siapkan kukusan dan panaskan. Olesi kukusan dengan minyak. Tuang adonan yang sudah dibuat tadi.

4. Taburkan udang rebus dan daun bawang. Kukus sebentar hingga adonan dapat digulung. Lakukan berulang kali. Namun hati-hati dalam menggulungnya ya, Bunda, karena adonan mudah robek.

5. Siapkan teflon. Panaskan minyak. Masukkan bawang putih yang sudah dicacah dan jahe yang sudah dicincang. Tumis hingga harum dan kering.

6. Siapkan mangkuk kecil. Masukkan 100 ml kecap asin, 15 ml minyak wijen, bubuk cabai kering, dan lada bubuk secukupnya.

7. Masukkan bawang putih dan jahe yang sudah ditumis ke dalam adonan minyak dan kecap asin.

8. Siapkan piring saji. Tata Cheong Fun Shrimp di atasnya. Siram dengan saus yang sudah dibuat. Beri irisan daun bawang dan cabai kering sebagai pemanis.

9. Selamat menikmati.

Bunda bisa tonton video cara membuat Cheong Fun Shrimp di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi