moms-life

Resep Vietnamese Beef Pho, Kuah Rempahnya Menghangatkan Tubuh

Maya Sofia Sabtu, 13 Apr 2019 12:01 WIB
Resep Vietnamese Beef Pho, Kuah Rempahnya Menghangatkan Tubuh
Jakarta - Hidangan di negara-negara Asia tenggara dikenal kaya rempah dan pedas. Salah satunya adalah hidangan pinggir jalan khas Vietnam, Vietnamese Beef Pho.

Meski berasal dari Vietnam, kuliner yang menggunakan bahan baku mi, daging, dan rempah ini juga dapat ditemui di sejumlah tempat makan di Amerika Serikat. Vietnamese Beef Pho dibawa keluar oleh para pengungsi usai Perang Vietnam.

Ada beragam versi terkait etimologi Pho dan sejarah perkembangannya. Ada yang menyebut Pho adalah sup dari kata Phan. Sementara itu Pho versi Hanoi dan Saigon juga dibedakan dari lebar mi, tingkat kemanisan kuah, dan pemilihan rempah.



Kali ini kita akan membuat Vietnamese Beef Pho dengan menggunakan sejumlah rempah, seperti jahe, kapulaga, dan kayu manis. Wah, seperti apa rasanya ya?

Bunda bisa menyimak resep Resep Vietnamese Beef Pho dipandu Chef Dea Vialdo dalam program Semua Bisa Masak Trans TV berikut:

Bahan:

1 buah bawang bombai
1 ruas jahe
2 buah bunga lawang
1 buah kapulaga
1 batang kayu manis
750 ml kaldu sapi
6 slice daging sukiyaki
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
6 buah bakso sapi
Merica secukupnya
Garam secukupnya
5 cabai keriting
2 buah jeruk nipis
200 gr taoge
1 bungkus kwetiau
daun basil secukupnya
daun ketumbar secukupnya

Resep Vietnamese Beef Pho/Foto: 20detik
Resep Vietnamese Beef Pho/


Cara membuat:

1. Potong bawang bombai menjadi beberapa bagian. Iris tipis menyamping cabai merah keriting. Potong bakso menjadi dua bagian.

2. Siapkan teflon. Tuang kaldu sapi. Masukkan bunga lawang, kayu manis, kapulaga, jahe, dan potongan bawang bombai. Rebus semua bahan sampai meresap.

3. Saring semua bahan yang sudah direbus. Masukkan potongan bakso ke dalam air rebusan. Lalu tambahkan irisan cabai merah, kecap asin, kecap ikan, gula secukupnya, daging sukiyaki, dan merica secukupnya. Rebus semua bahan hingga matang.

4. Siapkan mangkuk. Masukkan kwetiau. Beri taoge secukupnya, daun ketumbar, daun basil. Susun daging sukiyaki di atasnya. Terakhir, tuangkan semua bahan-bahan yang sudah direbus tadi beserta dengan kuahnya. Jangan lupa beri potongan jeruk nipis sebagai pelengkap.

5. Selamat menikmati.

Bunda bisa melihat cara membuat resep Vietnamese Beef Pho dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi