sign up SIGN UP search


moms-life

Wamen Surya Tjandra Dekat & Kagumi Ibunda yang Seorang Pedagang Ayam

Siti Hafadzoh Jumat, 25 Oct 2019 13:20 WIB
Semua kesuksesan yang diraih Surya Tjandra tak luput dari peran serta sang ibu ketika ia kecil. caption
Jakarta - Presiden Joko Widodo baru saja menunjuk politikus PSI, Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Surya Tjandra kini menjadi sorotan karena latar belakang kehidupan masa kecilnya.

Surya lahir pada 28 Maret 1971. Dia merupakan anak keenam dari tujuh bersaudara. Surya dibesarkan di keluarga yang sederhana, Bun. Diceritakan sendiri oleh Surya jika Ibu dan ayahnya adalah pedagang ayam potong di Jatinegara, Jakarta.

Dilansir dari laman web Surya Tjandra, kondisi ekonomi yang terbatas menjadi pemicu ia untuk semangat menggapai cita-cita. Surya tidak mudah puas dengan pencapaiannya setelah lulus Fakultas Hukum di Universitas Indonesia. Ia melanjutkan studi pasca sarjana lewat jalur beasiswa di Universitas Warwick, Inggris dan program doktoral di Universitas Leiden, Belanda.

Ibu adalah sosok yang sangat diagungkan oleh Surya. Sang ibu, Wiriana Tjandra selain bekerja dengan sang ayah, ia juga mendidik Surya agar disiplin dan tekun.

"Beliau perempuan istimewa dan akan selalu istimewa bagi saya," kata Surya.

Rasa sayangnya kepada sang ibu juga ditunjukkan di media sosial Instagram-nya. Ia mengunggah foto almarhumah ibunya ketika masih muda.

"Perkenalkan, beliau bernama Wiriana Tjandra. Tanpa beliau saya bukan apa2 dan tidak akan menjadi apa pun. Akhir tahun menjadi hal yang mendalam untuk merenungi nasehat lama yang selalu beliau berikan kepadaku," tulisnya.

Di Facebook-nya, Surya menceritakan bahwa sosok ibu tampil lebih dominan daripada ayah. Wiriana cenderung keras dalam mendidik anak-anaknya. Ibunya menjadi tulang punggung keluarga.

[Gambas:Instagram]

Segala yang Surya capai saat ini, tak lepas dari peran dan doa sang ibu. Ibu selalu menjadi semangat bagi Surya untuk menggapai cita-citanya.

"Tentu lah semua tak akan pernah lepas sedetik pun akibat doa dan semangat yang diberikan perempuan paling istimewa di hidup saya: ibu," tulis Surya di Facebook dua tahun silam.

Bekerja keras seperti yang dilakukan ibunda Surya Tjandra merupakan suatu contoh bagi anak-anaknya agar meraih kesuksesan dengan bekerja keras. Dikutip dari Business Insider, orang tua harus memberi contoh yang baik untuk anak bahwa yang terpenting bukanlah hasil akhir. Tapi prosesnya yang lebih penting.

"Ini tidak hanya berarti Anda perlu memiliki definisi kesuksesan, tetapi juga pemahaman tentang bagaimana mencapainya," kata psikoterapis, Tina B. Tessina, Ph.D.

Jadi, kalau Bunda ingin anaknya gigih mencapai cita-cita seperti Surya Tjandra, Bunda harus mencontohkan bagaimana bekerja keras.

[Gambas:Video 20detik]


(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi