moms-life

Viral Septic Tank Meledak Tewaskan Sopir Penyedot WC, Apa Sebabnya?

Asri Ediyati Kamis, 07 Nov 2019 07:00 WIB
Viral Septic Tank Meledak Tewaskan Sopir Penyedot WC, Apa Sebabnya?
Jakarta - Septic tank di rumah kawasan Cakung, Jakarta Timur tiba-tiba meledak. Kejadian ini menewaskan sopir penyedot WC berinisial SI. Dilansir detikcom, video detik-detik ledakan septic tank beredar viral di media sosial.

Kejadian yang terjadi pada Senin (4/11/2019) ini di luar dugaan. Saat itu, SI baru selesai menyedot WC. Dalam rekaman video CCTV, SI tampak sedang berdiri di teras rumah bersama pemilik rumah, Agus.

Saat itu, SI baru mengambil koran dan membakarnya di lubang septic tank. Hal itu dia lakukan untuk memastikan sudah tidak ada gas di dalam lubang septic tank.

"Saya melihat nyala kan. Pak...pak...pak, itu enggak ada apinya lho. (Dijawab SI) 'Enggak apa-apa nanti mati kok' ," Agus menirukan ucapannya kepada SI.


Tak lama setelah Agus beri peringatan, di video tampak SI menginjakkan telapak kakinya ke lubang septic tank sehingga menutupi lubang tersebut. Tiba-tiba terjadi sebuah ledakan cukup besar. Akibat ledakan, beton penutup septic tank terangkat dan menimpa SI.
Septic tank meledakSeptic tank meledak/ Foto: dok.istimewa
Sementara Agus terlempar ke samping. Agus tampak memegang pinggangnya saat itu. SI terbenam di dalam lubang septic tank tertutup beton. SI meninggal di lokasi kejadian. Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait menuturkan, penyebab ledakan itu akibat endapan gas selama puluhan tahun.

"(Penyebab ledakan akibat) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait.

Mungkin Bunda bingung kenapa septic tank bisa meledak. Menurut seorang profesor emeritus di Departemen Tanah, Air, dan Iklim Minnesota Universiyt, Jim Anderson, Ph.D., ledakan septic tank bisa terjadi dan lebih mudah meledak dari yang kita kita.

"Selama bertahun-tahun, saya telah menulis beberapa kolom tentang masalah keamanan sistem septik, dan salah satu kekhawatirannya adalah penumpukan gas beracun atau eksplosif," ujar Anderson, dilansir Pumper.

Anderson bilang, septic tank harus memiliki ventilasi yang proper karena septic tank mengandung gas metana. Gas ini produk sampingan alami pencernaan anaerob, proses di mana padatan organik dipecah oleh bakteri anaerob yang ada di septic tank. Gas ini mudah terbakar dan jika dibakar akan menghasilkan listrik.


(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi