moms-life

Ratu Kripto Ruja Ignatova Hilang Bawa Kabur Rp62 T, Korban Ribuan Orang

Asri Ediyati Senin, 02 Dec 2019 17:57 WIB
Ratu Kripto Ruja Ignatova Hilang Bawa Kabur Rp62 T, Korban Ribuan Orang
Jakarta - Pernah dengar istilah cryptocurrency, Bunda? Cryptocurrency adalah media pertukaran berbasis internet yang menggunakan fungsi kriptografis untuk melakukan transaksi keuangan. Cryptocurrency ini memanfaatkan teknologi blockchain untuk mendapatkan desentralisasi, transparansi, dan imutabilitas.

Nah, belakangan ini masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan podcast BBC The Missing Cryptoqueen. Ratu Kripto itu adalah Ruja Ignatova, Dalam podcast yang bersambung itu, Ignatova dinyatakan menghilang. Ia telah menggelapkan uang dalam jumlah sangat banyak, jika dirupiahkan bisa mencapai triliunan.


Lantas, siapa dia? Ruja Ignatova adalah wanita yang mendirikan perusahaan Bulgaria OneCoin pada tahun 2014, sebagai bagian dari gelombang cryptocurrency. Pengusaha itu berjanji bahwa OneCoin akan menyusul Bitcoin yang memberikan kekuatan uang kepada orang-orang. Sebagi informasi tambahan, Bitcoin adalah aset digital, seperti halnya emas namun dalam bentuk digital.


Kala itu, Ruja Ignatova tampil karismatik dalam pidatonya meyakinkan, "OneCoin tidak seperti uang yang dikeluarkan oleh pemerintah. OneCoin dikeluarkan dalam jumlah terbatas. OneCoin ini tidak dapat dipengaruhi inflasi dan tak mungkin bisa dipalsukan."

Ia bahkan berpidato dan membuat acara promosi besar-besaran, salah satunya di Wembley Arena, London. Berkat latar belakang edukasinya, lulusan Oxford, Ruja Ignatova mendapat kehormatan dan kepercayaan dari rekan-rekan bisnisnya. Ruja Ignatova berhasil membujuk investor di seluruh dunia untuk berinvestasi OneCoin. Demikian dikutip dari Stylist.

Sayangnya, Ruja Ignatova ingkar. Itu semua palsu, ia melakukan penipuan besar-besaran pada investor dunia. Bentuknya ternyata seperti sistem pemasaran multi-level dengan struktur yang sama dengan skema Piramida kuno. Hingga kini para pemilik masih tidak dapat berdagang OneCoin secara aktif seperti cryptocurrency lainnya.

Ribuan orang berinvestasi di OneCoin lebih dari 175 negara. Dari penyelidikan tim BBC Podcast The Missing Cryptoqueen menemukan data yang menunjukkan bahwa total investasi bernilai hingga 4 miliar euro atau kurang lebih Rp62 triliun di seluruh dunia.

Mengutip NME, ini mungkin merupakan penipuan cryptocurrency terbesar sepanjang masa. Banyak orang kehilangan banyak uang. Podcast mewawancarai korban, termasuk Jen McAdam yang membeli ribuan OneCoin. McAdam kini menjadi seorang aktivis yang terusmengungkap kebenaran tentang perusahaan, dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Bagaimana cerita menghilangnya Ruja Ignatova? Bermula ketika ia dijadwalkan naik pesawat pada tahun 2017 untuk menghadiri konferensi di Lisabon, Portugal. Namun, ia tidak datang ke konferensi, dan sejak itu tidak terlihat lagi.

Dilansir BBC Indonesia, panggilan telepon dan pesan untuk Ruja Ignatova tidak dijawab. Kantor pusatnya di Sofia juga tidak mengetahui di mana ia berada. Sebagian orang khawatir dia dibunuh atau diculik pihak bank.

Namun, hanya dua minggu setelah ketidakmunculan Ruja Ignatova di Lisabon, wanita itu terbang dengan menggunakan Ryanair dari Sofia ke Athena, Yunani. Setelahnya hingga sekarang ia sama sekali menghilang.
Ratu Kripto Ruja Ignatova Hilang Bawa Kabur Rp62 T, Korban Ribuan Orang
Simak juga cara membuat dompet organizer melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi