moms-life

Ayu Kartika Dewi Tak Malu Ungkap Kegagalan, Ini Alasannya

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 30 Nov 2019 18:20 WIB
Ayu Kartika Dewi Tak Malu Ungkap Kegagalan, Ini Alasannya
Jakarta - Saat gagal, biasanya seseorang ogah mengumbarnya dengan alasan malu atau minder. Tapi, hal berbeda dilakukan Ayu Kartika Dewi yang jadi salah satu stah khusu Presiden Jokowi.

Dalam blak-blakan detikcom, Ayu mengungkapkan perjuangan dalam meraih gelar master bisnis dari Universitas Duke di Amerika Serikat (AS). Dua beasiswa yang (Keller dan Fulbright) baru didapat setelah sekitar 10 kali mencoba dan gagal. Tapi dia tidak kapok dan frustasi, terus mencoba dan memperbaiki kesalahan.

"Orang selalu bilang saya gampang mendapat beasiswa. Tapi tak tahu saya gagal sekitar 10 kali," ucap pendiri gerakan Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali (SabangMerauke) ini.


Di awal masa perkuliahan, SKP yang membidangi toleransi dan perdamaian ini mengaku harus meluangkan energi dan waktu dua kali lipat dari mahasiswa lainnya karena faktor bahasa.

"Ketika terjadi penembakan terhadap mahasiswa muslim di dekat kampus, terus terang saya sempat merasa takut akan menjadi korban berikutnya," kata perempuan kelahiran Banjarmasin, 27 April 1983 itu.

Ayu Kartika DewiAyu Kartika Dewi/ Foto: Dok. 20detik
Kejadian tak mengenakan juga sempat menimpanya saat menjalani program pertukaran pelajar ke London Economic School di Inggris. Saat baru sebulan di London visa dipersoalkan dan dia harus kembali ke AS. Padahal kamar apartemen di AS telah diisi orang lain. Akhirnya dia harus menumpang di apartemen temannya selama dua bulan dan tidur di sofa.

Saat di Amerika itu pula hubungan dengan suaminya di tanah air akhirnya tak bisa diselamatkan. "Jadi waktu itu adalah masa di mana saya ngerasa banyak gagal dalam semua aspek hidup," tuturnya.

Enggak cuma itu, di channel YouTube Perempuan Gagal, Ayu yang merupakan founder channel ini menjelaskan alasannya mau berbagi pengalaman kegagalannya.

"Semua perempuan pernah gagal dan it's okay. Perempuan gagal adalah tempat kita ngobrolin kegagalan yang pernah dialami karena kita pengen banget normalize failure, pengen banget semua orang melihat kegagalan itu bukan sebagai hal yang tabu, tapi sebagai pelajaran yang bisa dipetik hikmahnya," papar Ayu.

Agar tak putus asa ketika menghadapi kegagalan, salah satu trik yang dilakukan Ayu adalah selalu mendaftar apa saja yang bisa disyukuri dari kejadian hari itu. Sehingga, kita bisa lebih lapang dada menerima kegagalan.

Lebih lanjut, Ayu juga berbagi pengalaman saat pertama kalinya kuliah di AS, dia mengalami berbagai kendala termasuk dalam hal pelajaran, bahasa, dan lingkungan pergaulan. Teman-teman Ayu saat akhir pekan suka party, minum-minum, bahkan merokok.

Berbeda dengan Ayu yang lebih senang belajar dan enggak suka party, apalagi mimum alkohol dan merokok. Ditambah, saat itu dirinya sedang dalam proses cerai, Bun.

"Pas di AS itu masa-masa yang lumayan kayak jauh banget dari siapa-siapa dari orang yang dikenal, sendirian, dan melewati masa perceraian. Ini yang lumayan bikin kayak udah jatuh, jatuh lagi, ketimpa tangga, jatuh lagi," papar Ayu.

Dari kegagalan demi kegagalan yang dialami, Ayu memetik pelajaran. Dia jadi orang yang enggak segan meminta bantuan dan terbuka serta jujur dengan apa yang dialami.

"Lebih rendah hati, enggak sombong untuk minta tolong. Gue capek ya istirahat, gue enggak malu mengakui gue emang lagi enggak bisa," ujar Ayu.

Simak tangis Shezy Idris saat minta izin cerai pada sang anak di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



Cek kisah unik k-pop dengan klik banner di bawah ini.

Ayu Kartika Dewi Tak Malu Ungkap Kegagalan, Ini AlasannyaFoto: Istimewa
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi