sign up SIGN UP search

moms-life

Mudah! 10 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Selasa, 10 Dec 2019 17:20 WIB
Cara mudah membuat rumah sejuk tanpa AC ini bisa diterapkan di rumah lho, Bunda. caption
Jakarta - Panas yang menyengat di rumah pastinya membuat suasana jadi tidak nyaman. Itu sebabnya sebagian rumah pada akhirnya menggunakan Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan.

Namun, AC bisa jadi berbahaya jika tidak dirawat dengan benar lho, Bunda. Hal ini dikatakan dr.Mark Mendell, seorang ahli epidemiologi dari Departemen Kesehatan Masyarakat California. Jika sistem AC dirancang buruk atau perawatannya tidak tepat, maka bisa berpotensi bahaya.


"Apakah itu di rumah atau di kantor atau kendaraan Anda, itu dapat menjadi terkontaminasi dan berpotensi berbahaya," kata Mendell, dilansir Time.


Mendell mempelajari efek kesehatan dari sistem pengkondisian udara, dia mengatakan masalah asma yang memburuk dan alergi adalah dua masalah kesehatan yang dapat berasal dari unit AC yang terkontaminasi. Beberapa penyakit lainnya yang bisa disebabkan penggunaan AC terkontaminasi di antaranya, hidung tersumbat, masalah pernapasan, sakit kepala, kelelahan, bahkan kulit yang teriritasi.

"Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa mungkin ada beberapa mikroorganisme yang tumbuh dalam sistem yang mungkin memiliki efek halus pada orang-orang tertentu," kata Mendell.

Itu sebabnya akan lebih baik jika bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk tanpa AC. Nah, berikut ini tips membuat rumah terasa sejuk tanpa AC, dilansir berbagai sumber.

1. Menutup jendela dengan tirai

Nampak sederhana memang, tapi tahukah Bunda bahwa 30 persen panas yang tidak diinginkan berasal dari jendela rumah. Dengan menutupnya menggunakan gorden atau sejenisnya bisa menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat.

2. Gunakan tirai gorden bukan tirai blackout

Lebih baik gunakan tirai gorden daripada tirai blackout, karena tirai blackout menghalangi sinar matahari, yang secara alami bisa mengisolasi ruangan tempat mereka dipasang. Consumer Reports merekomendasikan, gorden berwarna netral dengan lapisan plastik putih untuk mengurangi panas hingga 33 persen.

3. Atur kipas di langit-langit

Kita mungkin tidak menyadari bahwa kipas yang dipasang di langit-langit perlu disesuaikan pemutarannya. Atur kipas tersebut untuk memutar berlawanan arah jarum jam. Dengan mengaturnya berjalan berlawanan arah jarum jam di musim panas dan dipasang dengan kecepatan yang lebih tinggi, aliran udara kipas akan menciptakan efek angin dingin yang akan membuat isi rumah lebih sejuk.

4. Nyalakan kipas di kamar mandi dan dapur

Menyalakan kipas atau hexos di kamar mandi, ataupun di dapur bertujuan untuk menarik udara panas yang naik setelah memasak ataupun setelah mandi uap. Jadi, suhu ruangan bisa kembali normal dan lebih sejuk.

5. Jangan gunakan lampur pijar

Bola lampu pijar diketahui menghabiskan sekitar 90 persen energinya dalam panas yang dipancarkannya. Jadi sebaiknya Bunda beralih pada lampu fluorescent (CFL).

6. Letakkan kasur di lantai

Ketika panas terasa naik, coba Bunda letakkan kasur di lantai jika udara pada lantai terasa lebih sejuk.

7. Buat beberapa perbaikan jangka panjang

Mudah! 10 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa ACMudah! 10 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC /Foto: iStock

Jika benar-benar ingin berkomitmen untuk hidup tanpa AC, kita bisa buat beberapa perubahan di rumah agar membuatnya lebih sejuk. Misalnya, membeli tirai untuk penutup jendela, menanam pohon atau tanaman merambat di dekat jendela yang menghadap cahaya, maupun mengurangi pemakaian benda-benda yang bisa mengeluarkan panas.

8. Lakukan pendinginan malam hari

Aktivitas fisik menciptakan panas tubuh, jadi mulailah beristirahat sekitar satu jam sebelum tidur, dan matikan perangkat elektronik. Kemudian, mulailah mendinginkan diri dengan cara minum banyak air es, bisa juga balut es dalam handuk kemudian kompreskan ke belakang leher, atau mandi. Mandi sebelum tidur terbukti membuat badan jadi lebih segar.

Melakukan rutinitas pendinginan seperti ini jadi cara terbaik untuk tetap tenang di musim panas tanpa AC. Tidak hanya menjaga suhu tubuh lebih rendah, tetapi juga dapat membantu menjaga rumah sejuk secara alami.

9. Hadapkan kipas ke jendela

Lantai cenderung menjebak panas, dengan menyalakan kipas dan menghadapkannya ke jendela bisa membantu membuat rumah tetap sejuk secara alami. Kipas angin yang dihadapkan ke jendela bertujuan untuk menghalau udara panas ke luar.

10. Optimalkan kipas angin yang dimiliki

Jika anggaran tidak cukup untuk membeli yang baru, kita bisa mengambil langkah untuk mengoptimalkan kipas angin. Caranya, jalankan kipas dengan berlawanan arah jarum jam dengan pengaturan tertinggi. Bersihkan kipas secara teratur, kotoran atau debu pada kipas dapat membuatnya berjalan lambat.

Perbaiki kipas jika goyah dengan kencangkan atau ganti sekrup yang longgar. Beri lima hingga enam tetes oli mesin ringan untuk menghilangkan derit mengganggu dan membantunya berputar lebih efisien.

Simak juga sudut pandang medis dari melahirkan di rumah seperti Kartika Putri, dalam video berikut,

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!