Masukan kata pencarian minimal tiga karakter

Mom's Life

Rina Nose Beri Bukti Tak Pindah Agama Saat Menikah di Belanda

Siti Hafadzoh   |   Haibunda
Selasa, 24 Dec 2019 11:00 WIB
Jakarta - Rina Nose telah menikah dengan seorang pria asal Belanda bernama Josscy Aartsen pada Selasa, 22 Oktober 2019. Pernikahan Rina Nose ini menimbulkan pertanyaan dari publik, apakah Rina pindah agama?

Ketika diundang sebagai bintang tamu di YouTube Taulany TV, Rina sendiri bingung kalau ditanya soal pindah agama. Sebenarnya, hal ini juga sudah ia bahas di kanal YouTube miliknya.


"Gue kalau ada yang nanya, 'kamu pindah agama ya?' Pindah? Emang itu agama atau kos-kosan? Kok bisa pindah-pindah sih? Gimana sih? Sebenarnya ini sudah dibahas lho di YouTube aku," kata Rina.


Rina menjelaskan bahwa di Belanda, ia memang menjalani dua upacara pernikahan. Pertama, pernikahan secara sipil. Setelah sah secara sipil, baru dilanjutkan dengan pernikahan secara agama.

"Itu harus sah dulu tuh, wajib. Kalau sudah wajibnya selesai, baru dilanjut ke pernikahan agama. Karena itu peraturannya di sana," jelas Rina Nose.

Rina Nose dan Josscy/ Foto: Instagram

Wanita bernama asli Nurina Permata Putri ini menegaskan bahwa ia menikah secara Islam. Sang ayah yang langsung menikahkannya dengan Josscy.

"Nikahnya kan sudah jelas ijab kabul. Itu kan tradisi pernikahan secara Islam, kan gitu. Ijab kabul kan. Masih ditanya. Itu gimana sih?" kata Rina.

Pernikahan Rina Nose di Belanda dibantu oleh orang-orang Islam di Indonesia. Mereka tergabung dalam Persatuan Pemuda Muslim Indonesia di Amsterdam. Jadi, penghulunya pun orang Indonesia, Bun.


Bicara soal pernikahan secara Islam, salah satu rukun nikah adalah adanya mempelai pria. Dikutip dari NU Online, mempelai pria yang dimaksud adalah pria beragama Islam dan bukan mahram mempelai wanita.

Begitu pula dengan mempelai wanita, Bun. Pernikahan tidak sah kalau mempelai wanita pindah agama, dengan kata lain bukan beragama Islam.

Bunda, simak cerita Mona Ratuliu ketika dilamar sang suami di usia 20 tahun berikut ini yuk.

(sih/rap)

link telah dicopy
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!

ARTIKEL TERKAIT

FOTO TERKAIT

TERPOPULER
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!

REKOMENDASI

DETIK NETWORK