sign up SIGN UP search


moms-life

Nurhayati, Bos Kosmetik yang Beri Sumbangan Rp40 M untuk Tangani Corona

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 19 May 2020 06:30 WIB
Nurhayati Subakat caption
Jakarta -

Tak banyak yang tahu sosok Nurhayati Subakat. Muslimah inspiratif yang sumbangkan Rp40 M untuk tangani corona di Tanah Air.

Wanita berhijab ini tak banyak tersorot publik. Namun, pendiri PT Paragon Technology dan Innovation yang bergerak di bidang kecantikan halal ini, memiliki segudang prestasi, Bunda.

Baru-baru ini, namanya kembali disebut setelah berdonasi untuk tangani corona yang ikut melanda Indonesia. Dalam wawancara dengan HaiBunda beberapa waktu lalu, wanita yang bisa disapa Nurhayati ini mengungkap keprihatinannya melihat pandemi covid-19 yang terus memakan korban.


Hatinya tersentuh mendengar cerita anaknya yang berprofesi sebagai dokter. Ia merasa iba melihat perjuangan tenaga medis yang kala itu kekurangan alat pelindung diri (APD).

"Awalnya karena ada perbincangan di keluarga, anak saya yang seorang dokter memberikan informasi bahwa rumah sakit yang menangani COVID-19 kekurangan peralatan medis. Kemudian, kami lanjut berkoordinasi dan tim mulai bergerak untuk menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan dan APD ke sejumlah rumah sakit," ungkap Nurhayati.

Hingga kemudian, Nurhayati bersama tim dari perusahaannya menyumbang alat kesehatan seperti ventilator, qPCR, mobile X-Ray, bedside monitor dan alat kesehatan lainnya ke-90 rumah sakit rujukan covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Nurhayati subakatNurhayati subakat, muslimah inspiratif / Foto: Instagram

Sebelum namanya menjadi perbincangan hangat karena aksi donasinya, Nurhayati ternyata sudah banyak berkecimpung dalam urusan kemanusiaan, Bunda. Tercatat, Bunda berusia 69 tahun ini sering berdonasi untuk membantu korban banjir dan bencana alam di berbagai daerah, pembangunan masjid senilai Rp10 di Pantai Padang, membantu anak-anak korban perang di Palestina, dan masih banyak lainnya.

Belum lama ini, wanita kelahiran Padang Panjang, Sumatra Barat ini menerima gelar kehormatan honoris causa dari Institute Teknologi Bandung (ITB). Nurhayati terpilih setelah dinilai memiliki sumbangsih besar dan nyata dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Jauh sebelumnya, Nurhayati sudah mulai membangun bisnis kosmetiknya sejak tahun 1979. Dilansir detikcom, Nurhayati merintis usaha dengan menciptakan brand bernama Putri. Namun, seiring berkembangnya perusahaannya berkembang merek Wardah, Makeover, dan Emina.

Diakui Nurhayati jika ia tak ngoyo dalam merintis usaha sendiri, terlebih saat itu anak-anaknya masih kecil. Kerepotan mengurus tiga anak, dengan jarak kantor dan rumah yang lumayan jauh membuatnya terpaksa memilih mundur dari berkarier.

Nurhayati mengenang, memulai usaha tanpa modal besar. Ia menciptakan produk kecantikan berskala home industry yang dijual ke salon-salon di daerah Tangerang. Hingga tergerak untuk membuat produk Islami yang berkiblat ke Arab. Hingga terpilih satu nama dalam Bahasa Arab yang bermakna bunga.

Hingga saat ini, perusahaannya berkembang besar dan sudah memiliki ribuan karyawan. Bahkan, di tengah kepanikan mengatasi dampak corona, Nurhayati disebut-sebut tetap perjuangkan nasib ribuan karyawannya agar tak terkena imbasnya.

Bunda, simak juga yuk cara mengenalkan Alquran pada anak sejak dini seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi