sign up SIGN UP search


moms-life

5 Drama Korea Sageuk Populer, Penuh Romansa dan Menegangkan

Maya Sofia Minggu, 02 Aug 2020 05:30 WIB
Drama Korea Moon Embracing the Sun Drama Korea Moon Embracing the Sun/ Foto: MBC
Jakarta -

Bunda termasuk pencinta drama Korea dengan kisah di zaman dinasti atau kerajaan? Jika ya, Bunda pasti sudah familiar dengan istilah sageuk.

Ya, sageuk adalah merupakan istilah yang merujuk pada drama historis baik dalam film maupun serial televisi. Nah, tema yang diangkat dalam drama sageuk cukup beragam Bunda, mulai dari cerita rakyat, mitologi, hingga raja dan pangeran terkenal.

Berikut HaiBunda rangkum lima drama Korea sageuk yang populer di kalangan pencinta drakor dikutip dari berbagai sumber.


1. Moon Embracing the Sun

Bagi Bunda yang kepincut dengan akting Kim Soo Hyun dalam drama terbarunya berjudul It's Okay to Not Be Okay, bisa melirik drakor yang satu ini. Tayang pada tahun 2012, Moon Embracing the Sun menampilkan akting memukau dari Kim Soo Hyun dan Han Ga In.

Moon Embracing the Sun diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Jung Eun Gwol. Drama Korea ini menceritakan tentang kisah cinta antara raja dengan seorang dukun perempuan di era dinasti dengan bumbu konspirasi politik.

Moon Embracing the Sun berhasil menorehkan rating 42,2, persen. Pun memborong sejumlah penghargaan termasuk Drama Terbaik hingga Drama of the Year.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Korea sageuk yang juga sayang untuk Bunda lewatkan adalah Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Jika Moon Embracing the Sun didaptasi dari novel Korea maka Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo diangkat dari novel China, Bu Bu Jing Xin.

Drama yang tayang pada tahun 2016 tersebut meraih sukses besar di luar Korea lho Bunda. Jumlah penonton terbesar berasal dari China, Singapura, dan Malaysia.

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo sendiri mengisahkan tentang perempuan dari abad 21 yang menjelajah waktu kembali ke zaman Dinasti Goryeo. Ketika terbangun, ia terjebak dalam tubuh salah seorang putri bernama Hae Soo.

Hae Soo terlibat cinta dengan dengan Pangeran ke-8, Wang Wook dan Pangeran ke-4, Wang So. Selain romansa, drama Korea yang satu ini juga menyuguhkan sejumlah intrik dan adegan menegangkan.

Nah, selain dibintangi penyanyi top Korea, IU, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo juga bertabur para aktor tampan lho, Bunda. Mulai dari Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, Yppn Sun Woo, Byun Baek Hyun, Nam Joo Hyuk, hingga Ji Soo.

3. Empress Ki

Drama Korea sageuk lainnya yang juga mencatat sukses besar adalah Empress Ki. Drama Korea yang mengusung dua artis papan atas Negeri Ginseng, Ha Ji Won serta Ji Chang Wook tersebut, menyabet penghargaan Golden Bird Prize dalam Seoul International Drama Awards, Bunda.

Empress kiDrama Korea Empress ki. (Foto: Istimewa)

Empress Ki sendiri menceritakan tentang Gi Seungnyang, perempuan dari zaman Goryeo yang berhasil menjadi seorang permaisuri. Meski harus melewati jalan berliku dan bahkan mengorbankan cinta pertamanya, ia sukses naik ke tampuk kekuasaan.

4. Queen Seondeok

Berbicara soal sageuk maka tak lengkap rasanya jika tak menyebut Queen Seondeok, Bunda. Drama Korea yang satu ini merajai rating televisi setiap penayangannya pada tahun 2009.

Queen Seondeok dibintangi oleh Lee Yo Won, Go Hyun Jung, Uhm Tae Woong, Kim Nam Gil, dan Park Ye-jin. Drama yang sukses menyapu penghargaan dalam MBC Drama Awards tersebut menceritakan tentang kehidupan Queen Seondeok atau Ratu Seondeok.

Ratu Seondeok yang memiliki nama kecil Deokman dikisahkan memiliki kembaran. Namun semenjak masih bayi, Deokman diabaikan. Hingga akhirnya ia kembali ke istana Silla dan bertemu dengan kembarannya, Putri Chonmyong.

Bersama sang saudara, ia menghadapi Mi-Shil, sosok yang ingin merebut kekuasaan di istana Silla. Mi-Shil juga mempunyai rencana jahat, yakni mengasingkan kedua putri Silla dari kerajaan.

5. Dae Jang Geum

Drama Koreasageuk yang juga dikenal dengan judul Jewel in the Palace ini sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya, Bunda. Drakor yang tayang pada 2003 tersebut, masuk dalam 10 besar drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa.

Jewel in the Palace menceritakan tentang Dae Jang Geum, seorang juru masak yatim piatu yang kemudian menjadi dokter perempuan pertama raja.

Meski pada masa itu, perempuan dianggap memiliki pengaruh kecil di masyarakat, Jang geum berusaha mempelajari rahasia memasak dan obat-obatan Korea untuk menyembuhkan raja dari penyakitnya.

Untuk diketahui Bunda, Jewel in the Palace diangkat dari kisah nyata Jang Geum, dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon.

Bagaimana Bunda? Tertarik menonton?

Simak juga kisah perempuan asal Bekasi yang bermain dalam sejumlah drama Korea berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi