sign up SIGN UP search


moms-life

6 Do's and Don'ts Menata Rumah Minimalis Lahan Sempit

Salam Rahmad   |   Haibunda Jumat, 30 Oct 2020 03:00 WIB
Rumah minimalis identik dengan ukuran kecil dan gaya elegan. Coba Bunda perhatikan 6 hal do's and don'ts saat menata rumah minimalis lahan sempit. caption

Konsep rumah minimalis dibangun dengan luas lahan yang terbatas. Artinya, ruangan yang dibangun juga terbatas.

Meskipun memiliki kapasitas ruangan yang terbatas, dekorasi rumah minimalis bisa tampil elegan lho. Asalkan menatanya secara rapi dan benar ya, Bunda.

“Minimalis bagi saya adalah menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik,” kata desainer di B Interior LLC, Sharon Blaustein, dikutip dari Decor.


Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempercantik tampilan rumah, dengan mengatur ulang tata letak dan mendesainnya dengan menarik bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Nah, kalau Bunda berencana menata rumah minimalis, coba perhatikan 6 do's and don'ts dalam menata rumah minimalis dengan lahan sempit, dilansir Apartment Therapy.

1. Lakukan peningkatan di rumah minimalis

Dalam melakukan dekorasi pada rumah minimalis, memamerkan pajangan di dinding dengan karya seni berukuran besar adalah pilihan tepat. Tak perlu banyak memamerkan pajangan sebagai bentuk keindahan ya, Bunda. Cukup satu pajangan besar saja tampilan rumah minimalis Bunda akan terlihat elegan.

Kalau terlalu banyak memasukkan hiasan atau pajangan pada rumah minimalis, justru akan membuat rumah terasa sempit dan tak nyaman memandangnya, bukan?

Untuk mempercantik ruangan, Bunda bisa gunakan hiasan karya seni berukuran besar ataupun memajang botol unik yang bisa memikat mata sebagai pilihan tepat.

2. Jangan membeli barang jika tak terlalu butuh

Dari dulu hingga sekarang, seringkali terjadi kesalahan dalam menata benda dalam ruangan ya, Bunda. Misalnya, membeli barang mewah untuk dipajang, namun tak memiliki nilai guna. Padahal hal itu dapat membuat ruangan terasa sempit lho, Bunda.

Kalau ingin dekorasi yang gaya elegan dan tak membuat ruangan terasa sempit, Bunda bisa gunakan furnitur multifungsi sebagai solusi tepat. Furnitur multifungsi dapat membuat suasana ruangan tampak fleksibel dan indah memikat mata. Misalnya, kasur kamar tidur yang di bawahnya dapat dijadikan sebagai lemari penyimpanan barang. Unik banget kan, Bunda?

3. Gunakan palet warna yang lebih terang

Tampilan rumah minimalis identik dengan penggunaan warna cat yang cerah. Selain terkesan elegan dan tampak luas, warna cerah juga dipercaya mampu mempertahankan keaslian tema sederhana dari rumah minimalis lho.

Bunda bisa menggunakan warna favorit untuk mempercantik desain interior rumah. Permainan pola warna yang digunakan juga harus tepat dan jangan bertabrakan dengan warna lainnya ya, Bunda.

4. Jangan menghalangi sirkulasi udara dan cahaya di jendela

Sirkulasi udara bersih dan cahaya yang masuk ke dalam rumah melalui jendela sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, pastikan tak ada furnitur yang mengganggu kedua hal tersebut.

Penempatan furnitur yang menghalangi akses sirkulasi udara di jendela perlu Bunda atur ulang nih. Furnitur yang berada di dekat jendela sebaiknya disingkirkan.

Memilah barang yang akan dipajang harus dipikirkan secara matang, pemilihan bisa dilakukan dengan menilai apakah barang tersebut memiliki nilai guna atau tidak. Jika tidak, Bunda dapat mengemasnya ke dalam kardus untuk disimpan.

5. Gunakan furnitur multifungsi yang cantik

Agar ruangan sempit tak dipenuhi dengan furnitur, Bunda bisa menggunakan furnitur yang multifungsi dengan desain cantik sebagai pilihan tepat. Saat ini, ada banyak variasi furnitur unik multifungsi yang dapat Bunda pilih. Furnitur multifungsi bisa membuat hemat pengeluaran juga nih, Bunda.

6. Berpikir cerdas

Cara yang satu ini terbilang unik lho, Bunda. Mendekorasi rumah minimalis dengan ilusi seolah-olah ruangan tampak besar. Ilusi ini tentunya tak mengeluarkan biaya besar. Cukup memanfaatkan furnitur yang sudah tak terpakai.

Untuk menerapkan cara yang satu ini, Bunda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur dan sofa untuk menaruh barang yang jarang dipakai. Agar suasana ruangan terasa sejuk dan indah, menambahkan tanaman hias gantung di dapur dan ruang tamu bisa menjadi pilihan tepat.

Bunda bisa simak rumah susun sempit disulap jadi lebih luas di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!