sign up SIGN UP search


moms-life

5 Rempah dan Sayur yang Cocok Buat Tanaman Hidroponik Rumahan

Siti Hafadzoh Kamis, 15 Oct 2020 11:20 WIB
Organic crops are grown without soil. caption
Jakarta -

Berbagai tanaman cocok untuk tumbuh di sistem hidroponik, mulai dari rempah, sayur, hingga buah. Bunda dapat menghemat uang belanja dengan menanam rempah dan sayur hidroponik sendiri nih di rumah.

Rempah dan sayuran tumbuh dengan baik serta cepat di sistem hidroponik. Makanya, beberapa tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hidroponik rumahan.

Berikut 5 rempah dan sayur untuk tanaman hidroponik rumahan, dirangkum dari berbagai sumber:


1. Basil

Basil sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Meski sering dibilang mirip kemangi, dua tanaman rempah ini berbeda lho.

Tanaman basil bisa tumbuh dengan baik di sistem hidroponik. Bunda dapat menanamnya dari bibit atau batang.

Mengutip The Hydroponics Planet, media tanam hidroponik yang cocok untuk basil adalah rockwool. Ada juga yang menggunakan sabut kelapa untuk menanam basil hidroponik.

2. Rosemary

Untuk menambah wangi masakan, biasanya kita menambahkan sedikit rosemary. Rempah yang satu ini bisa juga dijadikan tanaman hidroponik rumahan nih, Bunda.

Namun, ternyata rosemary tumbuh cenderung lebih lama dibandingkan rempah lainnya. Jadi, Bunda harus sabar ketika menanam rosemary hidroponik di rumah.

3. Bayam

Hampir semua orang yang punya kebun hidroponik biasanya menanam bayam. Tanaman yang satu ini tumbuh dengan cepat di sistem hidroponik lho.

Menanam bayam hidroponik lebih hemat air dibandingkan dengan yang ditanam di tanah. Seluruh airnya akan terserap oleh tanaman dan sisanya dialirkan kembali. Jadi, sayuran hijau ini cocok untuk jadi tanaman hidroponik rumahan ya, Bunda.

4. Kale

Daun kale punya ciri khas tersendiri nih. Ukurannya lebar dan ujung daunnya berbentuk keriting.

Kale sangat tepat untuk menjadi tanaman hidroponik rumahan karena terbilang cukup mudah tumbuh. Mengutip Gardening Tips, jangan memberi nitrogen terlalu banyak pada larutan nutrisi tanaman kale hidroponik ya.

5. Selada

Bunda yang baru mulai berkebun hidroponik sebaiknya mulai dengan menanam selada nih. Tanaman selada cukup mudah ditanam secara hidroponik.

Selada hidroponik akan tumbuh lebih cepat dibandingkan di tanah. Hanya dalam waktu 4 minggu, Bunda sudah bisa panen selada di kebun sendiri deh.

Bunda, lihat juga cara mudah membuat tanaman hidroponik di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi