sign up SIGN UP search


moms-life

Menu Sahur: Resep Sayur Bening Bayam Jagung, Praktis Bernutrisi

Mutiara Putri Senin, 03 May 2021 19:20 WIB
sayur bening bayam. indonesian food of spinach with soup and corn Sayur Bayam dan Jagung/Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Bunda dan keluarga kurang suka mengonsumsi sayur, ya? Membuat sayur bayam untuk menu sahur di bulan Ramadhan bisa dijadikan makanan yang sehat dan bergizi, nih.

Bayam adalah tumbuhan yang biasanya dikonsumsi bagian daunnya, Bunda. Bayam sering dikonsumsi karena memiliki zat besi yang sangat penting bagi tubuh.

Ada banyak cara mengolah sayur bayam nih, Bunda. Ada yang membuatnya sebagai lalap, ada juga yang menggorengnya dengan balutan tepung. Tapi, orang Indonesia biasanya mengolah bayam untuk dijadikan sayur bening.


Kalau Bunda ada sisa jagung di kulkas, jangan dibuang ya, Bunda. Bunda bisa membuat sayur bayam jagung bening yang super enak dan bergizi, lho.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Kalau Bunda ingin coba membuatnya, kanal YouTube Simple Rudy TV membagikan resep sayur bayam jagung, nih. Catat bahan dan cara membuatnya agar tidak ada yang terlewatkan ya, Bunda.

Bahan:

150 gram bayam, cuci bersih, petik daunnya dan potong 3 cm batang mudanya
1 buah jagung, potong bulat, lalu belah menjadi dua bagian
1 buah labu siam, potong dadu

Bumbu:

5 buah bawang merah, rajang
3 siung bawang putih, rajang
2 buah temu kunci, dibelah dan memarkan
1/8 sdt lada/merica bubuk
2 sdm gula pasir
1 1/2 sdt garam
1 liter air

Cara membuat:

  1. Didihkan satu liter air. Jika sudah mendidih, masukkan bawang merah, bawang putih, dan temu kunci. Pastikan bawang dan temu kunci matang, kemudian masukkan garam dan gula pasir.
  2. Kecilkan api dan biarkan bumbunya matang. Masukkan jagung lalu masak hingga matang.
  3. Masukkan labu siam dan tunggu hingga semua bahannya matang. Setelahnya, masukkan sayur bayam dan lada atau merica bubuk. Aduk dan matikan api
  4. Sayur bayam jagung bening buatan Bunda siap disantap sebagai menu sahur yang menyehatkan. 
(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi