sign up SIGN UP search

moms-life

7 Tempat Paling Kotor di Rumah Minimalis yang Bunda Perlu Perhatikan

Arina Yulistara Rabu, 01 Sep 2021 04:00 WIB
Ada beberapa sudut dalam rumah yang dianggap paling kotor dan menyimpan banyak bakteri. Yuk ketahui tempat paling kotor di rumah yang harus rutin dibersihkan! caption
Jakarta -

Apakah Bunda rutin membersihkan dan merapikan rumah setiap hari? Jika sudah melaksanakannya maka menjadi rutinitas yang bagus dan sehat demi menjauhkan virus serta bakteri dari orang-orang tersayang.

Kalau jawabannya belum rutin maka Bunda harus mulai membiasakan diri agar lebih disiplin. Menjaga kebersihan rumah penting agar Bunda dan keluarga selalu sehat selama pandemi.

Ada beberapa sudut dalam rumah yang dianggap paling kotor dan menyimpan banyak bakteri serta kuman. Jika tidak rutin membersihkannya maka bisa mempengaruhi kesehatan. 


Yuk ketahui apa saja tempat paling kotor di rumah yang harus rutin dibersihkan seperti dilansir dari The Spruce. Kasur anak termasuk salah satu tempat paling kotor di rumah lho, Bunda.

Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Dapur

Dapur tentu menjadi tempat pertama yang paling kotor di rumah. Area dapur termasuk menjadi ruangan tersibuk sepanjang hari. Semua elemen bisa mendorong bakteri tumbuh, seperti kelembapan, makanan sisa, hingga bahan makanan yang belum dicuci. 

Dapur bisa penuh dengan bakteri berbahaya seperti E. Coli. Untuk itu, Bunda disarankan membersihkan dapur setiap hari, setelah masak. Pastikan tidak ada makanan sisa yang tertinggal dan belum dicuci.


Area dapur yang harus menjadi perhatian utama adalah:

  • Kabinet berisi makanan
  • Wastafel
  • Kulkas
  • Peralatan masak

2. Kamar mandi

Tentu tempat paling kotor di rumah selanjutnya adalah kamar mandi. Meski sudah dibersihkan, namun beberapa bakteri tetap hidup di kamar mandi.

Untuk mengurangi risiko terpapar bakteri dari kamar mandi, coba berikan perhatian khusus pada sakelar lampu, kenop pintu, dan gagang keran. Siapkan tisu disinfektan sekali pakai untuk membersihkan ketiga hal tersebut setiap hari.

Handuk dan keset kamar mandi juga harus dicuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali. Biarkan kering sepenuhnya sebelum digunakan kembali. 

Handuk tangan juga sebaiknya diganti beberapa kali dalam seminggu. Wastafel kamar mandi dibersihkan setiap hari. Begitu pula dengan sikat gigi dan gelas kumur pun juga harus dicuci minimal seminggu sekali.

Saat membersihkan area yang kotor seperti bath tub, shower, atau toilet, luangkan waktu untuk mengusap permukaan datar sekitarnya, seperti dinding dekat toilet dengan produk disinfektan.

Bunda, klik baca halaman selanjutnya, ya.

Tonton juga video tentang perhitungan feng shui rumah mewah Zaskia Sungkar dan Irwansyah:

[Gambas:Video Haibunda]

TEMPAT PALING KOTOR DI RUMAH: RUANG KELUARGA HINGGA KASUR ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!