sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Jaga Badan Tetap Fit dengan Olahraga Praktis di Rumah, Coba Bun!

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 09:51 WIB
Happy and cheerful young adult woman in sportswear standing in plank position on fitness mat, spending morning at home caption

Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebuah pekerjaan dengan sejuta tantangan. Urusan membagi waktu saja pasti sudah sulit. Bunda mungkin merasakan sulitnya mencari me time bahkan untuk sekadar berolahraga agar badan tetap sehat.

Bagi Bunda yang tak memiliki ART, hal ini mungkin akan semakin menyulitkan karena banyak pekerjaan di rumah yang harus Bunda tangani. Tapi, niat berolahraga untuk tetap sehat jangan sampai diurungkan, Bunda!

Menjaga tubuh tetap sehat itu wajib, ya. Selain bagus efeknya untuk jangka panjang, rutin berolahraga juga akan membantu Bunda tetap sehat secara mental, lho. 


Tak perlu repot ke gym atau cari olahraga yang butuh alat. Bunda bisa kok melakukan olahraga praktis yang tak kalah efektif membuat badan 'bergerak'. 

Dilansir dari Women’s Health, berikut adalah pilihan olahraga praktis tanpa peralatan olahraga yang bisa Bunda praktikkan.

1. Plank

Olahraga ini termasuk salah satu yang paling sederhana. Plank berguna untuk membantu menjaga perut tetap kencang dan menguatkan otot inti Bunda.

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Tidak hanya melibatkan seluruh otot perut, gerakan plank juga melibatkan bahu, lengan, dada, punggung, dan kaki, sehingga menjadikannya latihan yang lebih efisien untuk berolahraga. Bunda juga dapat memperbaiki postur tubuh melalui gerakan ini, lho.

Mulailah dari posisi berlutut dengan jari kaki yang terlipat ke dalam, dan bokong yang bertumpu pada tumit. Jalankan tangan ke arah depan menuju posisi merangkak dengan pergelangan tangan di bawah bahu.

Setelah itu, angkat lutut untuk membentuk satu garis lurus dari tumit ke kepala dan jaga agar pinggul tetap tinggi, serta otot perut tetap aktif. Bunda dapat melakukan ini cukup dengan durasi 30 detik.

2. Dead Bug

Gerakan berikutnya yang bisa Bunda coba adalah dead bug. Jika Bunda melakukan olahraga ini, akan membangun fondasi kokoh dan stabil yang melindungi tulang belakang.

Melakukan dead bug dengan rutin akan memungkinkan Bunda untuk lebih mudah dalam dalam melakukan gerakan sehari-hari, seperti memindahkan benda berat. Gerakan ini juga membantu mencegah dan meredakan nyeri punggung bawah, Bunda.

Mulailah dengan berbaring di alas empuk dengan tangan terentang di dada, kaki terangkat dan ditekuk 90 derajat. Lalu perlahan dan bersamaan, luruskan kaki kanan dan tangan kiri melayang di atas matras, dengan kaki kiri dan tangan kanan tetap pada posisi semula.

Setelah itu, atur kedua kaki dan tangan kembali ke posisi awal, lalu ulangi gerakan tersebut secara bergantian dengan kaki dan tangan yang berlawanan. Bunda dapat melakukan gerakan ini selama 30 detik dengan beberapa kali pengulangan sebanyak mungkin.

3. Glute Bridge

Olahraga lain yang bisa memperkuat otot perut dan mengaktifkan otot tubuh bagian bawah adalah glute bridge. Bunda dapat mulai dengan posisi berbaring dengan lutut ditekuk, telapak kaki rata di lantai, dan lengan di samping. Dorong tubuh dengan tumit, angkat pinggul dari lantai sampai membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut.

Pastikan punggung bagian atas dan bahu tetap menyentuh lantai ya, Bunda. Tahan posisi ini selama satu hingga dua detik, kemudian kembali ke posisi awal dan ulang dari langkah pertama. Bunda dapat melakukan gerakan ini untuk tiga set, dengan sepuluh kali pengulangan gerakan per satu set.

Nah, demikian pilihan olahraga praktis yang cocok dilakukan oleh Bunda yang tak punya banyak waktu luang karena sibuk di rumah. Jangan lupa, diimbangi dengan makan yang sehat juga ya. Coba yuk, Bunda, biar badan tetap fit.

Bunda, olahraga berikut juga bisa Bunda lakukan dengan mudah bahkan saat sedang berpuasa, lho:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!