sign up SIGN UP search

moms-life

Selain Tak Pakai Skincare, 7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Kulit Bunda Kusam

Mutiara Putri Senin, 27 Sep 2021 06:30 WIB
Close up unhappy sad woman looking at red acne spots on chin in mirror, upset young female dissatisfied by unhealthy skin, touching, checking dry irritated face skin, skincare and treatment concept caption
Jakarta -

Setiap wanita menginginkan kulit wajah yang sehat dan glowing, Bunda. Kalau Bunda merasa kulit wajah jauh lebih kusam, mungkin karena Bunda tak menggunakan skincare dengan cara yang benar.

Nyatanya, penggunaan skincare yang lengkap dan benar saya tidak cukup untuk menghilangkan kulit kusam, Bunda. Berbagai kebiasaan buruk sehari-hari juga sangat berpengaruh pada kondisi kulit, lho.

Menurut dr. Joel Schlessinger, seorang dokter sekaligus kontributor RealSelf, rutinitas perawatan kulit tak hanya bisa dibangun dengan penggunaan produk skincare, Bunda. Karena itu, membiasakan gaya hidup sehat juga bisa menjaga kesehatan kulit.


"Sama seperti membangun kebiasaan perawatan kulit yang baik dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat, mempraktikkan kebiasaan yang berkontribusi pada gaya hidup sehat juga dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda," katanya dilansir laman Bustle.

5 kebiasaan aneh orang Indonesia

Kebiasaan buruk yang bikin kulit kusam

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bikin kulit Bunda jadi terlihat kusam, nih. Kalau penasaran, berikut ini deretannya masih dilansir dari lamanĀ Bustle:

1. Tidak mencuci aplikator makeup

Sebagian besar dari Bunda mungkin tidak benar-benar mencuci kuas makeup dengan benar. Faktanya, membiarkan kuas makeup dalam keadaan kotor akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit Bunda.

Seorang dokter kulit, Debra Jaliman, menyarankan agar Bunda membersihkan kuas makeup dengan menggunakan sampo bayi setidaknya setiap minggu. Kemudian, biarkan kuas mengering sebelum disimpan kembali.

"Kuas makeup mengandung bakteri dan kotoran, dan kalau terus-menerus mengoleskannya pada kulit Anda akan menyebabkan masalah. Pastikan untuk mencucinya dengan sampo bayi setiap minggu dan biarkan mengering," katanya.

2. Mandi air panas terlalu lama

Mandi air panas memang sangat menyenangkan, Bunda. Namun, ternyata terlalu lama mandi air panas tidak baik untuk kondisi kulit.

"Mandi air panas yang lama juga akan membuat kulit kusam karena akan mengeringkan lapisan luar kulit Anda," kata dr. Jaliman.

Agar kesehatan kulit Bunda tetap terjaga, dr. Jaliman menyarankan untuk tidak mandi terlalu lama serta mandi dengan air dingin.

3. Kurang minum air

Seperti tubuh, kulit juga butuh asupan air yang banyak, Bunda. Karena itu, tidak cukup minum air setiap hari akan menampilkan tanda-tanda kulit dehidrasi seperti kulit kering, bersisik, dan warna yang tidak merata.

"Minum banyak air akan membuat kulit Anda bersinar sehat," jelas dr. Schlessinger.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat kebiasaan buruk yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video manfaat vitamin C pada skincare berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BEGADANG HINGGA TIDUR DENGAN MAKEUP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!