sign up SIGN UP search


moms-life

6 Jenis Tanaman Hias Bunga yang Cocok untuk Tanah Lembap, Warnanya Cantik Bun

Bella Barliana   |   Haibunda Rabu, 29 Sep 2021 04:00 WIB
Foto Tanaman Hias caption
Jakarta -

Tanaman hias bunga mampu memberikan warna pada rumah Bunda, terutama di halaman depan agar terlihat lebih hidup. Biasanya, tanaman hias akan menyukai jenis tanah yang memiliki drainase baik atau tidak terlalu basah.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi Bunda yang memiliki jenis tanah lembap atau basah di taman depan rumah. Lahan basah merupakan sebuah wilayah daratan yang digenangi oleh air atau dapat berupa wilayah yang memiliki kandungan air tinggi, baik secara permanen atau musiman.

Tetapi jangan khawatir, nyatanya ada beberapa jenis tanaman hias bunga yang justru tumbuh subur dan cantik di tanah yang Lembap. Dilansir dari Better Homes and Gardens dan Gardening Know How, berikut ini adalah jenis tanaman hias bunga yang cocok untuk tanah lembap.


1. Swamp milkweed

Meskipun bisa tumbuh di tempat yang lebih kering, tanaman hias bunga ini paling baik tumbuh di tanah basah, dengan cahaya matahari penuh, lho. Swamp milkweed menghasilkan bunga di pertengahan musim panas, diikuti oleh polong biji yang terbuka menampilkan biji coklat menempel pada bunga putih.

Bunga berwarna merah muda mencolok membuatnya menjadi incaran kupu-kupu untuk hinggap. Tinggi tanaman ini biasanya mencapai 1,2 meter. Tanaman ini adalah satu-satunya spesies milkweed yang lebih suka tumbuh dalam kondisi basah, dibandingkan dengan spesies lainnya.

Tumbuhan ini menyebar secara alami melalui biji yang terbawa angin dan akar merambat yang menyebar perlahan di bawah tanah.

Banner Journaling Sehatkan Mental

2. Iris siberia

Tanaman hias bunga Iris siberia memiliki dedaunan tipis berumput dan bunga ramping yang memberikan kesan keanggunan. Terdapat berbagai macam warna yang terdiri dari merah muda, putih, biru, dan yang paling populer warna ungu.

Meskipun Iris siberia membutuhkan drainase yang baik, tanaman ini akan tetap tumbuh di genangan air yang dangkal atau tanah dengan drainase buruk. Keuntungannya, tanaman ini jarang terganggu oleh pembusukan tanaman.

Perawatan tanaman ini terbilang cukup mudah dengan melibatkan penyiraman secara teratur selama tahun pertama, pemupukan terbatas, dan pembagian rumpun setiap tiga hingga lima tahun.

3. Ligularia

Ligularia atau disebut juga dengan bunga ragwort berkembang di daerah dekat air di wilayah Eropa dan Asia. Ligularia dapat ditemukan di tanah berawa, tetapi dapat bertahan hidup juga di daerah kering dengan air tambahan.

Tanaman hias bunga ligularia sangat adaptif terhadap berbagai tingkat pH tanah, tetapi membutuhkan tanah yang kaya nutrisi dengan banyak kompos.

Sebelum menanam, campurkan segenggam tepung tulang dan beberapa lumut gambut untuk meningkatkan kelembapan, serta oleskan mulsa di sekitar tanaman untuk membantu menghemat kelembapan.

Daun hias ini peka terhadap panas atau gangguan yang berlebihan. Setelah suhu mendingin di malam hari, dedaunan akan menjadi segar dan terlihat segar kembali. Masalah yang paling umum dihadapi adalah siput, bekicot, dan kekurangan air.

Klik baca halaman berikutnya untuk lihat rekomendasi lainnya yuk, Bunda.

Simak juga video 5 tanaman hias pembawa hoki yang bikin sehat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JENIS TANAMAN HIAS BUNGA YANG COCOK UNTUK TANAH LEMBAP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!