sign up SIGN UP search

moms-life

5 Hal Ini Perlu Anak Ingatkan ke Orang Tua agar Kasus Nirina Zubir Tak Terulang

Annisa Karnesyia Selasa, 23 Nov 2021 19:04 WIB
Momen Seru Nirina Zubir Kulineran di Resto Italia hingga Warteg Nirina Zubir korban mafia tanah/ Foto: Instagram nirinazubir_
Jakarta -

Nirina Zubir menjadi sorotan selama beberapa hari terakhir. Keluarga wanita 41 tahun ini menjadi korban mafia tanah yang dilakukan mantan Asisten Rumah Tangga (ART), Bunda.

Mantan ART itu bernama Riri Khasmita. Riri merupakan mantan ART yang pernah bekerja bersama almarhumah ibunda Nirina Zubir, Cut Indria Marzuki.

Kasus mafia tanah terungkap usai keluarga Nirina mengetahui Riri telah menyalahgunakan kepercayaan sang ibunda. Mendiang Cut Indria Marzuki mempercayai Riri Khasmita untuk mengurusi surat-surat tanah yang dianggapnya hilang.


Namun, Riri justru diam-diam menukar semua surat atas nama pribadi. Akibat kasus ini, keluarga Nirina Zubir mengalami kerugian hingga Rp17 Miliar.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Kasus kejahatan serupa juga dialami Kalina Ocktaranny. Ibunda Kalina juga menjadi korban kejahatan ART yang bekerja di rumahnya.

ART yang ditugaskan mengurus ibundanya yang sakit justru diam-diam mengambil uang dan benda-benda di rumah. Keluarga Kalina ditaksir mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Kasus seperti Nirina dan Kalina memang bisa dialami siapa pun. Ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi anak untuk bisa mengingatkan orang tua mengenai orang kepercayaan.

Sebagai anak yang tinggal jauh dari orang tuanya, Bunda juga perlu waspada agar tidak menjadi korban. Kita perlu mengingatkan orang tua agar lebih hati-hati memberikan kepercayaan atau dekat dengan orang luar selain keluarga.

Pentingnya mengingatkan orang tua

Nah, berikut lima hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengingatkan orang tua terkait orang kepercayaan yang bekerja untuknya:

1. Pastikan identitas orang kepercayaan

Kalau si orang kepercayaan bukan kerabat, Bunda perlu memastikan identitasnya ya. Hal ini juga berlaku dalam mempekerjakan ART.

Ingatkan orang tua untuk meminta fotokopi KTP, dan bila perlu buku nikahnya kalau memang dia sudah menikah. Usahakan untuk menelusuri siapa kerabatnya, kalau perlu tetangga, sampai asal usul pasangan ART.

2. 'Curiga' itu enggak salah

Meski orang kepercayaan sudah ikut kita bertahun-tahun lamanya, tak ada salahnya tetap curiga. Sebab, kita tidak pernah bisa membaca jalan pikiran seseorang yang dapat berubah secara mendadak.

Menumbuhkan sedikit rasa curiga enggak apa-apa kok, Bunda. Hal ini dilakukan supaya orang tua bisa lebih aware dan enggak percaya begitu saja. Kalau orang kepercayaan sedang tidak di rumah, Bunda bisa lho sesekali 'sidak' kamarnya.

Apa hal penting lain yang perlu diingatkan ke orang tua?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga pesan Nirina Zubir untuk mendiang ibunda terkait kasus mafia tanah yang dihadapinya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!