sign up SIGN UP search

moms-life

Kisah Sukses Chica Jadi Juragan Kos-kosan di Usia 31, Omzet 90 Juta Sebulan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 22 Mar 2022 23:00 WIB
Real estate or property investment. Home mortgage loan rate. Saving money for retirement concept. Coin stack on international banknotes with house model on table. Business growth background caption
Jakarta -

Apakah Bunda pernah bermimpi punya bisnis kost-kostan atau indekos? Sebelumnya, Bunda bisa simak pengalaman dari salah seorang juragan kos-kostan bernama Chica Amalia.

Chica adalah anak Betawi asli, Bunda. Sebagai orang asli Jakarta, orang tuanya punya banyak aset di Ibu Kota. Saat tiba gilirannya mewarisi aset keluarga tersebut, Chica tak tergiur membeli mobil mewah atau liburan mahal ke luar negeri. Ia justru menginvestasikan uang yang ia warisi untuk membeli properti.

"Dari situ saya mulai nyicil beli rumah yang akhirnya sekarang saya sewakan," ujarnya, pada tim CNBC Indonesia.


Sekarang, di usianya yang ke-31, Chica sudah jadi juragan properti dengan nilai aset Rp35 miliar. Properti yang dia sewakan terdiri dari kost-kostan, rumah, dan apartemen.

Di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Chica menyewakan 32 kamar kost yang harganya mulai dari Rp2-3 jutaan per bulan. Jika okupansi sedang penuh, Chica bisa mendapat Rp90 juta sebulan.

Banyak anggapan bahwa bisnis kost-kostan itu mudah. Anda cukup duduk santai dan di akhir bulan bisa menarik uang sewa dari penghuni. Namun, menurut Chica, kenyataannya tidak seperti itu. Ia perlu banyak belajar untuk bisa mengelola usaha kost-kostannya dengan baik.

Chica sendiri pernah salah ambil langkah karena membeli properti yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Padahal, IMB adalah syarat penting mendirikan bangunan. "Kalau tidak ada IMB, bangunannya bisa dibongkar Pemda."

Karena itu, ia menyarankan agar pemula di bisnis properti untuk banyak belajar dan berkonsultasi dengan ahli untuk memastikan legalitas suatu bangunan.

Selain risiko terkait legalitas, Chica juga menyebut bahwa pandemi menghadirkan tantangan sendiri bagi bisnisnya. Di awal pandemi, saat banyak kantor memutuskan kebijakan Work From Home (WFH), ia kehilangan 20 persen penghuni yang kebanyakan adalah karyawan.

Untuk mempertahankan existing penghuni, dia memberi subsidi potongan harga di awal pandemi. Selain itu, ada juga potongan harga untuk penghuni kost yang sudah vaksin.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!