sign up SIGN UP search


moms-life

Status Kaya dan Miskin Dapat Terlihat dari Wajah? Begini Penelitiannya Bun

Annisa A   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 15:40 WIB
Studio portrait of an attractive woman wearing an elegant evening gown against a gray background caption
Jakarta -

Penampilan seseorang dapat menunjukkan status ekonomi mereka. Biasanya, hal ini terlihat dari pakaian hingga aksesori yang mereka gunakan. Namun ternyata, kekayaan seseorang juga dapat dinilai dari wajah, lho.

Wajah tidak hanya bisa memperlihatkan karakter seseorang. Dari wajah, status ekonomi mereka juga bisa terlihat jelas. Hal ini pernah dibuktikan lewat sebuah penelitian, Bunda.

Penelitian tersebut merupakan studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology. Dalam studi tersebut, peneliti memilih subjek foto berwarna hitam putih yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto wanita.


Semua orang di dalam foto tersebut menunjukkan ekspresi wajah yang netral, tidak tersenyum atau menampilkan emosi yang spesifik. Penampilan mereka juga terlihat biasa saja, serta tidak ditemukan tato atau tindikan pada tubuh mereka.

Sebagian besar orang di foto tersebut ternyata merupakan masyarakat kelas atas, Bunda. Sementara itu, setengah dari subjek foto berasal dari kelas pekerja.

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Foto-foto tersebut kemudian diperlihatkan kepada para subjek penelitian. Masing-masing dari mereka, diminta untuk menebak kelas sosial dari orang di dalam foto tersebut. Pengumpulan hasil jawaban mendapatkan 68 persen orang menjawab dengan tepat.

"Hubungan antara kekayaan dan kelas sosial sudah banyak dibahas dalam penelitian terdahulu. Namun studi ini menemukan bahwa perbedaan kekayaan seseorang bisa tercermin dari wajah setiap orang," ujar R-Thora Bjorsdottir, peneliti studi tersebut, melansir dari CNBC Make It.

Akan tetapi, Bjornsdottir mengatakan bahwa orang-orang yang menjadi subyek penelitian tidak mengetahui dengan pasti mengapa mereka bisa menebak kelas sosial orang-orang di foto dengan benar.

"Kalau ditanya kenapa, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebak dengan benar," kata Bjornsdottir.

Hal itu masih membuat para peneliti penasaran, Bunda. Mereka pun memutuskan untuk membuat studi lebih lanjut. Penelitian berikutnya dilakukan dengan memperbesar fitur wajah orang-orang di dalam foto.

Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang menarik. Meski subyek penelitian hanya menilai dari mata dan mulut orang-orang di foto yang telah diperbesar, mereka tetap dapat menebak kelas sosial dengan benar.

Lantas, apa yang menyebabkan tebakan mereka sangat tepat? Peneliti kemudian menyimpulkan hal tersebut terjadi karena kontraksi otot-otot pada wajah yang dapat terbaca oleh orang lain. LANJUTKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Saksikan juga video tentang tips mengelola THR agar tidak boros di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!