sign up SIGN UP search


moms-life

5 Obat Jerawat Alami yang Mudah Ditemukan, Cuka Apel hingga Lidah Buaya

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 06:55 WIB
apple vinegar in glass pitcher and ripe fresh apples on wooden table outdoors Ilustrasi Obat Jerawat Alami/Foto: Getty Images/iStockphoto/Alter_photo
Jakarta -

Jerawat biasanya akan hilang setelah beberapa hari jika diobati dengan produk skincare yang tepat, Bunda. Dalam produk ini, tentunya ada banyak bahan aktif kimia yang membantu meredakan kemerahan dan nyeri pada jerawat.

Tanpa Bunda sadari, ternyata mengobati dan mengatasi jerawat sangat mudah, nih. Bunda hanya butuh beberapa bahan alami yang ada di rumah.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi di dunia. Jerawat sendiri telah mempengaruhi sekitar 85 persen orang dewasa muda.


Perawatan jerawat sendiri biasanya menggunakan produk-produk konvensional yang mengandung asam salisilat, niacinamide, atau benzoil peroksida. Bahan-bahan ini terbukti sangat efektif namun harganya bisa mahal dan memiliki efek samping tertentu.

Kalau Bunda menggunakan produk skincare penghilang jerawat yang tidak cocok dengan kulit, ada kemungkinan kulit akan memberikan berbagai macam reaksi. Misalnya saja kemerahan, iritasi, hingga kering.

Karena hal ini lah akhirnya ada banyak orang yang beralih ke pengobatan rumahan atau menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami ini bisa menjadi alternatif untuk mengobati jerawat membandel Bunda.

Obat jerawat alami

Mengutip dari laman Healthline, ada beberapa obat alami untuk mengatasi jerawat nih, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Cuka apel

Cuka apel adalah obat alami jerawat yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan. Tak hanya itu, cuka apel juga bisa membantu mengembalikan warna kulit tak merata akibat jerawat.

Cuka apel dibuat dengan memfermentasi sari apel atau jus. Sebuah penelitian mencatat ternyata cuka apel bisa membantu melawan bakteri, jamur, dan masalah lainnya.

Cuka apel mengandung asam organik seperti asam sitrat. Penelitian pada tahun 2016 menyebutkan kandungan ini dapat membunuh P.acnes dalam hubungannya dengan zinc oksida.

2. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis bisa digunakan sebagai masker pada wajah yang berjerawat. Masker yang mudah dibuat ini memiliki kandungan antibakteri yang cocok untuk mengobati jerawat.

Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan bahwa kombinasi madu dan kayu manis bisa memberikan efekk antibakteri terhadap P.acmes. Tak hanya itu, penelitian di tahun 2020 menunjukkan bahwa manu sendiri bisa menghambat pertumbuhan atau bahkan bisa membunuh P.acnes.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Intip juga video skincare yang ampuh atasi komedo berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT JERAWAT ALAMI LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!