sign up SIGN UP search


moms-life

4 Kesalahan Pakai Vacuum Cleaner yang Wajib Dihindari, Catat Ya Bun!

Hanifa Widyas Sukma Ningrum   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 17:10 WIB
vacuum cleaner Foto: ruparupa
Jakarta -

Vacuum cleaner atau pengisap debu adalah salah satu alat elektronik yang bisa mengangkat debu dan kotoran di rumah. Biasanya, corong vacuum cleaner punya beberapa bentuk yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai, karpet, sofa, serta mobil.

Walaupun memiliki jenis corong yang berbeda-beda, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menggunakan vacuum cleaner, seperti berikut ini.

1. Mengisap Benda Keras


Saat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah, pastikan kamu tidak menyedot benda-benda keras berukuran kecil, seperti sekrup, batu, pasir, dan pecahan kaca. Benda keras ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian dalam mesin, bahkan tersangkut di area yang sulit dilepas.

Tentu saja kebiasaan mengisap benda keras akan merusak vacuum cleaner. Jadi, lebih baik bersihkan dulu benda yang keras sebelum menggunakan vacuum cleaner.

2. Membersihkan Cairan

Tidak semua vacuum cleaner dapat digunakan untuk membersihkan cairan di atas lantai. Untuk itu, pastikan vacuum cleaner kamu memiliki fitur yang dapat mengangkat kotoran basah. Kamu bisa membeli vacuum cleaner yang dilengkapi dengan fitur pel lantai. Jika tidak ada fitur tersebut, kamu bisa saja tersengat aliran listrik dan merusak vacuum cleaner.

3. Tidak Membuang Kotoran di Wadah Pengisap Debu

Siapa yang malas membuang kotoran pada wadah vacuum cleaner dan membiarkannya penuh? Bila kamu salah satunya, maka kebiasaan ini harus dihentikan. Menggunakan vacuum cleaner yang terlalu penuh kotoran justru akan membuat mesinnya mengalami overheat atau panas, serta bisa membuat daya isapnya menurun.

4. Menarik Kabel Vacuum Cleaner

Biasanya, vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan kabel yang cukup panjang. Namun, kita sering menggunakannya melebihi batas panjang kabel tersebut.

Bila sering menarik paksa kabel, tentu ini akan membuat mesin vacuum cleaner cepat rusak. Tidak hanya itu, kamu juga berisiko tersengat aliran listrik. Nah, kamu bisa menggunakan kabel roll yang cukup panjang untuk menambah jangkauan vacuum cleaner.

Nah, itulah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat memakai vacuum cleaner. Jadi, pastikan kamu merawat vacuum cleaner agar bisa bertahan lama.

Kamu bisa menemukan berbagai model vacuum cleaner dan perlengkapan kebersihan rumah tangga berkualitas hanya di ruparupa.com. Di situs ini, kamu juga bisa menemukan berbagai produk dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Informa Sleep, Informa Electronics, Krisbow, Pendopo, Pets Kingdom, Toys Kingdom, Susen, Chatime, Eyesoul, dan masih banyak lagi. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik dengan berbelanja diĀ ruparupa.com.

(num/ega)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!