sign up SIGN UP search


moms-life

20 Pekerjaan Ini Terancam Hilang di Tahun 2025, Siap-siap Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 19:31 WIB
Working in metaverse 3d rending Ilustrasi Pekerjaan yang Terancam Hilang di Tahun 2025/Foto: Getty Images/iStockphoto/XH4D
Jakarta -

Memiliki pekerjaan merupakan salah satu hal yang diinginkan banyak orang, Bunda. Tentunya, ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa Bunda lakukan.

Mulai dari pekerjaan yang membutuhkan kemampuan fisik, hingga pekerjaan yang memerlukan soft skill, dan keahlian khusus.

Tak hanya itu, beberapa orang bahkan memiliki lebih dari satu pekerjaan, lho. Pekerjaan tambahan atau pekerjaan sampingan dinilai bisa memberikan dampak positif serta penambahan penghasilan.


"Pekerjaan sampingan adalah tentang personal growth, pengembangan, dan kreativitas kewirausahaan," kata Ashley Stahl, coach career, melansir dari laman Forbes.

Sayangnya, pada tahun 2025 mendatang, ada beberapa pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena berkembangnya dunia digital, Bunda. Ya, peran teknologi memang memiliki andil yang cukup besar dalam kehidupan manusia.

Hilangnya pekerjaan-pekerjaan ini terjadi karena adanya adopsi sejumlah teknologi, khususnya AI dan otomatisasi. Hal ini dijelaskan dalam laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang berjudul Survei Pekerjaan Masa Depan yang dirilis pada 2020 lalu.

Khusus teknologi, dalam beberapa tahun lagi, revolusinya diramalkan semakin massif. Terlebih dengan adanya kecerdasan buatan dan otomasi.

Dalam laporan tersebut juga diungkapkan bahwa diperkirakan 85 juta pekerjaan tergeser oleh perubahan besar-besaran dalam pembagian tenaga kerja antara manusia dan mesin di tahun 2025 mendatang.

Ada juga beberapa jenis peran tertentu yang berkurang, Bunda. Meski begitu, akan muncul keterampilan serta pengalaman baru. Jumlahnya sekitar 97 juta peran pada 15 industri dan ekonomi yang disurvei.

Daftar pekerjaan yang terancam hilang

Mengutip dari laman Yahoo Finance, setidaknya ada 20 daftar pekerjaan yang terancam hilang di masa depan, Bunda. Berikut ini deretannya:

  1. Petugas Entri Data
  2. Sekretaris Administrasi dan Eksekutif
  3. Petugas Akuntansi, Pembukuan, dan Gaji
  4. Akuntan dan Auditor
  5. Pekerja Perakitan dan Auditor
  6. Pekerja Perakitan dan Pabrik
  7. Layanan Bisnis dan Manajer Administrasi
  8. Informasi Klien dan Layanan Pelanggan
  9. Manajer Umum dan Operasi
  10. Mekanis dan Tukang Reparasi Mesin

Lantas pekerjaan apa lagi yang diperkirakan akan hilang di tahun 2025 ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video pentingnya punya pekerjaan tambahan berikut ini:

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!