sign up SIGN UP search

moms-life

5 Fakta Akshata Murty Istri PM Inggris, Lebih Tajir dari Ratu Elizabeth II Bun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 26 Oct 2022 18:36 WIB
Akshata Murthy istri Rishi Sunak caption
Jakarta -

Kehidupan orang kaya selalu menarik perhatian publik ya, Bunda. Kini, kita membahas soal Akshata Murty, istri Rishi Sunak. Untuk Bunda ketahui Rishi Sunak baru saja terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris.

Akshata Murty disebut-sebut memiliki kekayaan fantastis melebihi Ratu Elizabeth II. Latar belakang kehidupan keluarga ini menjadi sorotan karena mereka dianggap hidup mewah.

Bunda penasaran dengan sosok Akshata Murty? Simak fakta-fakta yang Bubun rangkum dari berbagai sumber berikut, ya.


1. Lahir dari keluarga pebisnis

Diketahui, Akhsata dari dahulu memang dikenal sebagai anak dari seorang pebisnis sukses asal India, Narayana Murty. Nama Narayana tenar di kalangan pebisnis sebagai pendiri perusahaan teknologi raksasa Infosys.

Perusahaan senilai senilai US$75 miliar berdiri pada 1981. Tak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut mampu mengubah India menjadi dapur kantor dunia.

2. Lebih tajir dari Ratu Elizabeth II

Sebagai anak Narayana, Murty mendapatkan jatah saham Infosys senilai sekitar US$700 juta atau setara Rp10,9 triliun. Berdasarkan Sunday Times Rich List pada 2021, kekayaan pribadi Elizabeth tercatat US$460 juta atau setara Rp7,1 triliun.

Dengan kekayaan tersebut, tak heran jika Murty dinyatakan lebih tajir dari ibunda Raja Charles II, ya?

Tak hanya mendapatkan saham, Murty juga menerima laba perusahaan hingga puluhan juta dolar. Meski demikian, Murty menyandang status non-domisili di Inggris.

Terlepas dari kekayaan keluarga, Murty juga punya sumber pendapatan sendiri dari bisnis label fesyen yang ia dirikan pada 2010, Akshata Designs.

3. Aktivis budaya

Menurut artikel profil di Vogue, Murty bekerja sama dengan seniman di desa-desa terpencil untuk menciptakan pakaian percampuran antara India dan Barat yang menjadi kendaraan untuk mengungkap kebudayaan India.

"Saya percaya bahwa kita hidup di masyarakat materialis. Orang menjadi lebih sadar mengenai dunia yang kita tinggali. Melakukan hal baik itu fashionable," tuturnya.

4. Dididik sederhana

Akshata Murty dan saudaranya didikdik oleh sang ibunda, Sudha Murty, dengan sederhana. Ia tak mengizinkan keduanya menonton televisi di rumah.

Sudha juga menyuruh kedua anaknya pergi ke sekolah dengan becak, layaknya teman-teman sekelasnya.

Di tengah budaya perjodohan kuat di India, Sudha senang ketika Murty memilih seorang anak dokter dari Southampton sebagai suaminya. Dia adalah Rishi Sunak.

Murty dan Sunak pertama kali bertemu di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Kala itu, Murty sedang mengejar gelar MBA. Sementara itu, Sunak yang sudah mendapatkan gelar S1 dari Oxford tengah melanjutkan studi berkat beasiswa dari Fulbright.

5. Pernikahan sederhana

Murty dan Sunak akhirnya menikah pada 2009. Untuk orang yang terhitung kaya, acara mereka terbilang sederhana ketimbang keluarga-keluarga kaya India lainnya.

Meski demikian, pernikahan mereka tetap dihadiri 1.000 tamu penting, mulai dari politikus hingga atlet.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 tanaman hias pembawa hoki yang bikin sehat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!