sign up SIGN UP search

moms-life

WhatsApp Community: Fitur, Cara Gunakan & Bedanya dengan WA Grup

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 12:06 WIB
Cropped shot of a woman using a smartphone while relaxing on the sofa at home caption
Jakarta -

Sejak beberapa waktu yang lalu, aplikasi pesan singkat WhatsApp punya fitur baru, yakni Community atau Komunitas. Fitur ini tak biasa, karena memuat lebih banyak pengguna dalam satu grup.

Fitur ini menjadi wadah bagi pengguna dengan ketertarikan yang sama untuk bisa saling terhubung, Bunda. Enggak tanggung-tanggung, fitur ini dapat menampung hingga ribuan pengguna.

"WhatsApp adalah aplikasi perpesanan pribadi, tapi kami ingin tetap menjaga kedekatan, privasi, pembicaraan di aplikasi dengan komunitas yang kita sudah familier," kata Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh saat press briefing virtual belum lama ini.


Apa itu WhatsApp Community?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur WhatsApp Community memungkinkan pengguna menyatukan berbagai grup WA yang berbeda-beda dalam satu wadah. Dengan begitu, pengguna dengan ketertarikan yang sama bisa saling berbagai informasi dan terhubung.

WhatsApp Community juga bisa menampung hingga ribuan pengguna. Dalam satu komunitas, WhatsApp Community bisa menampung hingga mencapai 50 grup WA sekaligus dengan 5.000 anggota.

Esther Samboh menggambarkan WhatsApp Community ini layaknya sebuah majalah dinding di sekolah. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat mengumumkan atau menyebarkan informasi tertentu satu pintu dari kelompok atau komunitas tertentu.

"Misalnya kalau masuk ke sekolah ada istilahnya mading atau papan pengumuman. Kalau di fitur ini admin dengan mudah bisa memberikan pengumuman. Jadi ini anggota bisa sampai 5.000 orang, tapi yang bisa posting di sana hanya admin," paparnya saat peluncuran beberapa waktu yang lalu, dikutip dari CNBC Indonesia.

Lebih lanjut, ada catatan yang perlu diperhatikan dan diingat. Dalam fitur ini, hanya admin yang bisa menyebarkan pengumuman di dalamnya. Isinya bisa dalam bentuk pesan, foto, video serta dokumen berukuran maksimal 2 GB dalam sekali kirim.

Enggak sampai di sana, admin juga memiliki kuasa penuh di dalamnya seperti menghapus pesan yang dinilai tak pantas di dalam kanal. Kemudina, WhatsApp Community juga dapat melakukan fitur panggilan video dengan 32 partisipan sekali akses dan juga sistem polling menggunakan chat.

Beda WhatsApp Grup dan Community

Meski mirip, WhatsApp Grup dan Community memiliki beberapa perbedaan, Bunda. Apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Privasi pengguna Whatsapp komunitas lebih terjaga.
  2. Terdiri dari beberapa grup.
  3. Memiliki fitur yang lebih banyak
  4. Admin memiliki kuasa penuh

Cara membuat dan menggunakan WhatsApp Community

Fitur telah tersedia secara bertahap untuk semua pengguna WhatsApp secara global. Sebagian pengguna Indonesia melaporkan sudah bisa menggunakan fitur ini di ponselnya.

Berikut adalah cara membuat WhatsApp Community:

  1. Klik ikon komunitas yang ada di WhatsApp.
  2. Masukkan nama komunitas, deskripsi dan foto.
  3. Buat grup atau tambahkan grup yang sudah ada.
  4. Grup pengumuman akan dibuat secara default.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 jenis selingkuh dalam pernikahan, salah satunya lewat aktivitas media sosial dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA AGAR ORANG TAK BISA KIRIM WHATSAPP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!