sign up SIGN UP search

moms-life

Rutinitas Miliarder Saat Akhir Pekan, Ada yang Lunasi 'Utang' Tidur?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 12 Nov 2022 18:22 WIB
Ilustrasi wanita di akhir pekan caption
Jakarta -

Rutinitas sehari-hari ternyata juga memengaruhi kesuksesan para miliuner lho, Bunda. Benjamin Spall, penulis My Morning Routine menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mewawancarai dan mempelajari lebih dari 300 orang yang sangat sukses, mulai dari pemimpin bisnis, rektor universitas, hingga atlet Olimpiade dan seniman, tentang rutinitas sehari-hari mereka.

Berikut adalah rutinitas yang dilakukan orang paling sukses di akhir pekan untuk membuat hari kerja mereka lebih produktif, seperti dikutip dari CNBC Make It:

1. Melunasi 'utang' tidur

Para miliarder paham betul pentingnya tidur yang berkualitas. Sebab, tubuh (dan otak) tidak akan bekerja dengan baik jika Anda tidak memberinya istirahat yang cukup.


Dari ratusan orang sukses yang diwawancarai Benjamin, waktu tidur mereka rata-rata tujuh jam 29 menit per malam. Tim Cook, Bill Gates, Jack Dorsey, dan Jeff Bezos semuanya mengatakan bahwa mereka juga tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

Tetapi, dalam beberapa kasus, Bunda mungkin sulit mendapatkan waktu tidur selama tujuh jam karena alasan pekerjaan. Jika Bunda merasa kurang tidur selama seminggu, gunakan akhir pekan untuk melunasi 'utang tidur' tersebut.

Meski demikian, perlu dicatat, jangan jadikan kebiasaan tidur lima jam per malam selama seminggu, diikuti oleh 12 jam per malam selama akhir pekan.

2. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang tersayang

"Pada akhir pekan kami memiliki (pengasuh) di pagi hari, jadi (istri saya) Tiff dan saya berolahraga Sabtu pagi. Kemudian sisa akhir pekan kami menghabiskan waktu bersama," kata Mark Cuban, miliarder Amerika Serikat.

"Kami yang menidurkan anak-anak dan makan malam bersama. Kami mencoba untuk menjadi senormal mungkin."

Namun, perlu diingat bahwa jika Bunda perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan selama akhir pekan, usahakan untuk melakukannya pada Sabtu pagi sehingga Bunda tidak memikirkannya selama sisa akhir pekan.

3. Menyusun strategi untuk pekan depan

Orang-orang sukses selalu menyusun strategi untuk pekan kerja mereka, sehingga mereka bisa memulai lebih awal pada hari Senin.

Misalnya, Bunda bisa mengalokasikan waktu setengah hari penuh di akhir pekan hingga menghabiskan 10 menit pada Minggu malam untuk melihat kalender minggu depan dan mencatat apa yang harus dilakukan. Begitu Senin pagi tiba, Bunda sudah siap 100 persen.

"Sabtu saya mendaki. Dan kemudian hari Minggu adalah waktunya refleksi, feedback, menyusun strategi, dan bersiap-siap untuk sisa minggu ini," kata Jack Dorsey kepada Brooke Potter, penulis Becoming More Productive: The Secrets of Successful People Revealed.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!