sign up SIGN UP search

moms-life

Hati-hati Bun, Cupang di Leher Bisa Picu Stroke hingga Kematian

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 28 Jan 2023 22:00 WIB
Ilustrasi cupang caption
Jakarta -

Aktivitas intim seperti cupang kerap dianggap sepele. Padahal tindakan atau menghisap leher pasangan tersebut bisa memicu stroke bahkan kematian.

Seorang pemuda dari Meksiko dikabarkan terkena serangan stroke dan meninggal dunia akibat mendapat cupang. Awalnya, pemuda tersebut sedang makan malam bersama keluarganya, kemudian ia pergi bersama pasangannya dan saling melakukan cupang di leher. Tak lama setelah itu, pria bernama Julio tersebut mengalami kejang-kejang.

Berdasarkan penjelasan medis, diyakini bahwa hisapan cupang menyebabkan darah yang seharusnya mengalir ke otak Julio menjadi tergumpal. Inilah yang membuatnya terkena stroke.


Ahli saraf stroke Dr. Max Gomez mengatakan bahwa cupang memang bisa membunuh seseorang, meskipun hal itu jarang terjadi. Cupang dapat membuat kerusakan pada arteri karotis dari tekanan langsung yang terjadi dalam waktu lama.

"Cupang adalah bentuk memar. Itu adalah luka di permukaan kulit," kata Dr. Mitchell Elkind, dikutip dari CBS News.

Ada laporan di jurnal medis tentang trauma yang relatif kecil di leher akibat batuk, bersin, dan roller coaster yang sebenarnya mengarah ke stroke.

Dr. Elkind mengatakan cupang dapat menyebabkan stroke jika diterapkan secara agresif pada area tertentu di leher. Meskipun ini adalah kasus yang ekstrem, bekas cupang itu sendiri disebabkan karena hisapannya merusak pembuluh darah di bawah kulit.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!