MOM'S LIFE
5 Makanan yang Bisa Merusak Otak, Batasi Konsumsinya Ya Bunda
Tim HaiBunda | HaiBunda
Selasa, 13 Feb 2024 18:30 WIBMenjaga kesehatan otak sangat penting untuk mencegah penyakit jangka panjang di organ ini, Bunda. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang bisa merusak otak.
Ada banyak jenis makanan yang terbukti baik bagi otak, seperti cokelat hitam, alpukat, dan ikan berlemak. Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan juga dianggap baik dan bermanfaat dalam menunjang kesehatan otak.
Bila sudah konsumsi makanan sehat, maka jangan lupa untuk menghindari yang berpotensi merusak. Ada pula jenis makanan yang dapat melemahkan kerja otak, sehingga memengaruhi daya ingat dan suasana hati.
Jenis makanan yang bisa merusak otak
Nah, berikut ini 5 jenis makanan yang bisa merusak otak dan perlu dibatasi hingga dihindari konsumsinya. Catat ya, Bunda!
1. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng dan kentang goreng tidak hanya bisa memperlebar lingkar pinggang, tapi juga berdampak buruk bagi otak. Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Nutritional Science tahun 1996 ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak gorengan mendapat nilai buruk pada tes kognitif yang mengevaluasi pembelajaran, memori, dan fungsi otak. Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak makanan nabati mendapat skor lebih tinggi.
"Para ilmuwan berpendapat hal ini mungkin ada hubungannya dengan peradangan dan pengurangan ukuran jaringan otak," kata ahli gizi Kristin Kirkpatrick, dilansir The Healthy.
"Saat melihat aspek dari salah satu penelitian otak yang hebat-diet MIND-dengan jelas terlihat makanan mana yang dapat menyebabkan atau mengurangi peradangan di otak," sambungnya.
2. Gula tambahan
Gula tambahan yang terdapat dalam minuman manis dan minuman kemasan perlu dihindari karena tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, minuman ini juga berpotensi menyebabkan masalah pada otak, Bunda.
"Gula dalam jumlah tinggi menyebabkan kerusakan saraf" karena memicu peradangan," ujar ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Wesley Delbridge.
Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di Alzheimer's & Dementia mendukung pernyataan tersebut. Para peneliti menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minuman manis cenderung memiliki daya ingat yang lebih buruk, volume otak keseluruhan yang lebih kecil, dan hipokampus yang jauh lebih kecil-bagian otak yang penting untuk pembelajaran dan memori-dibandingkan mereka yang tidak. Hindari minuman yang dimaniskan dengan gula. Daripada jus buah atau teh manis, cobalah air manis atau teh dengan irisan jeruk, lemon, atau limau.
Selain kedua makanan di atas, ada tiga makanan lagi yang berpotensi merusak kerja otak. Apa saja?
TERUSKAN MEMBACA DI SINI.
Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!
(ank/som)Simak video di bawah ini, Bun:
5 Rempah yang Ampuh untuk Mengatasi Sakit Kepala, Ada Jahe hingga Kayu Manis
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
15 Cara Menjaga Kesehatan Otak, Penting Dilakukan
9 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Bikin Lemot dan Pikun Bun
5 Hal Bikin Otak Lemot, Mager hingga Kurang Tidur
Sering Jadi Pelupa Tanda Orang Cerdas? Simak Kata Ahli Bun
TERPOPULER
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
Bayi Baru Lahir Kini Bisa Langsung Punya Akta Kelahiran, Begini Penjelasannya
Bayi Usia 8 Bulan Disebut Sudah Mulai Bisa Berbohong, Normalkah?
LPS Financial Festival 2026 Sambangi Lampung, Yuk Tingkatkan Literasi Keuangan!
Ramai Selebgram Fahira Almira Bandingkan Pengobatan di RI & Penang, Diduga Ada 'Black Campaign'
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Scalp Serum untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Ide Hiasan 17 Agustus 2026 Kemerdekaan yang Unik dan Menarik
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaTERBARU DARI HAIBUNDA
Cara Mengenali Orang yang Kesepian Secara Mental dan Emosional dari Obrolan Sehari-hari
Bayi Usia 8 Bulan Disebut Sudah Mulai Bisa Berbohong, Normalkah?
Bayi Baru Lahir Kini Bisa Langsung Punya Akta Kelahiran, Begini Penjelasannya
LPS Financial Festival 2026 Sambangi Lampung, Yuk Tingkatkan Literasi Keuangan!
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Review Speaker Karaoke Portable 80W: Cukup Kuat Buat Acara Outdoor?
-
Beautynesia
Trueve Luncurkan Acne Soothe Series, Solusi Baru Atasi Jerawat dengan Teknologi AI
-
Female Daily
no na Tampil Memukau di Head In The Clouds 2026, Intip Fashion Colorful Mereka
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Foto: Pesona Nicole Rossi 'Asmara Gen Z', Ini Rahasia Cantiknya
-
Mommies Daily
Drama Hayoung yang Bisa Masuk Daftar Tontonan Mommies, Terbaru Our Sticky Love