sign up SIGN UP search


nama-bayi

5 Tata Cara Memberikan Nama Bayi Laki-laki Sesuai Ajaran Islam, Ada Contohnya Bun

Tim HaiBunda Senin, 05 Jul 2021 09:21 WIB
Southeast Asian new born is creeping on the floor. Newborn is wearing gray shirt. Baby is South East Asian. Kid is cute. Child is taking photo indoor. Infant is 4 months. - People, Health care concept caption
Jakarta -

Sebagai seorang muslim yang taat tentu Ayah dan Bunda akan menjalankan segala kewajiban agama berbagai aspek kehidupan. Termasuk ketika memberikan nama bayi laki-laki islam modern. Nama ini bukan hanya untuk identitas tetapi juga mengandung doa untuk buah hati.

Pemberian Nama Sesuai Ajaran Islam

Dalam agama Islam ada beberapa ketentuan dalam memberikan nama bayi, di antaranya;

1. Waktu pemberian nama

Berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari Abu Musa membawa anaknya yang lahir kepada Nabi Muhammad kemudian memberi nama Ibrahim. Sesuai hadis tersebut maka lebih baik untuk segera menamai bayi setelah lahir ke dunia. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa pemberian nama bayi bisa setelah lahir, setelah tiga hari, atau setelah tujuh hari.


Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari


2. Memberikan nama yang baik

Nama menjadi salah satu doa dan harapan dari orang tua pada anaknya. Tentu dengan nama yang baik maka kelak anak bisa menjadi manusia yang berguna sesuai doa dan harapan tersebut. Orang tua bisa mencari referensi nama bayi laki laki islam modern dari Al Qur'an atau dari media buku dan online yang terpercaya.

3. Tidak memilih nama yang dibenci Allah SWT

Jangan memberikan nama yang dibenci Allah seperti nama berhala, nama dewa, pemuja akan suatu benda. Selain itu hindari memilih nama yang kemungkinan menimbulkan perselisihan. Misalkan saja menamai anak yang bisa menjadi bahan olok-olokan di kemudian hari.

4. Menggunakan nama Nabi, Rasul, atau Asmaul Husna

Apabila Bunda ingin menggunakan Asmaul Husna dalam pemberian nama hindari menggunakan yang merupakan sifat Allah. Misalnya saja Al-Khaliq yang berarti Maha Pencipta, Ar-Rahman yang berarti Maha Pengasih. Sebaiknya menggunakan nama Nabi dan Rasul agar Si Kecil kelak memiliki sifat para orang suci tersebut.

5. Menghindari nama dengan arti buruk

Memilih nama untuk anak harus mengetahui makna, arti, dan tujuannya. Apakah sesuai ajaran Islam atau tidak?

Jangan sampai memberikan nama dengan arti yang buruk karena terdengar unik saja. Misalnya nama Balqis yang terdengar baik namun memiliki arti 'Ketua Jin'.

Contoh Nama Bayi Laki Laki Islam Modern dan Artinya

Di bawah ini terdapat beberapa contoh nama untuk bayi laki laki dengan arti yang baik sesuai ketentuan agama Islam. Bunda bisa memberikan nama dengan memadukan beberapa pilihan berikut sehingga menjadi nama bayi laki laki islam modern dan memiliki arti yang baik.

  • Abqary artinya pintar, cerdas, atau jenius.
  • Ettifaq artinya kesatuan dan persahabatan.
  • Ghifari artinya pengampun dan berhati lembut.
  • Jazlan artinya gembira dan riang.
  • Parvez artinya sukses.
  • Qari artinya lelaki pembaca Al Qur'an.
  • Rafisqy artinya kesempurnaan dan kebaikan.
  • Uthman artinya rajin dan gigih.
  • Virendra artinya laki-laki yang pemberani dan mulia
  • Wisam artinya penghargaan atau bintang kehormatan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai nama bayi yang dibenci Allah SWT.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi